Tips Cara Membuat Kaldu Ramen Ala Rumahan yang Enak dan Sederhana

IniResep.Com – Salah satu yang membuat ramen berbeda dari olahan mi yang lain adalah terletak pada kuahnya. Secara umum, kaldu ramen dapat dikategorikan menjadi empat jenis, yaitu miso (pasta kacang yang difermentasi), shio (garam), shoyu (kecap) dan tonkotsu (daging babi). Tiga jenis kaldu yang pertama adalah perasa sedangkan yang terakhir tonkotsu adalah kaldu asli.

Cara Membuat Kuah Kaldu Mi Ramen

Kaldu adalah bahan utama yang diolah dengan cara direbus untuk membuat kuah ramen. Kaldu ramen terbuat dari bahan-bahan seperti tulang babi, ayam, sapi, ataupun ikan segar. Selain itu bisa juga menggunakan rumput laut atau seafood kering. Untuk menciptakan rasa yang nikmat, kaldu ramen menggabungkan berbagai macam bumbu aromatik, seperti bawang putih, jahe, daun bawang segar, dan jamur.

Cara Membuat Kaldu Ramen

Nah, banyak yang beranggapan bahwa membuat kaldu ramen itu sangat sulit, padahal cara membuat kaldu ramen ini sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Langkah awal tentu saja anda perlu menyiapkan bahan-bahan pendukungnya terlebih dahulu. Siapkan sayap ayam, konbu atau rumput laut, dan bumbu rempah seperti daun bawang, jahe, dan bawang putih, serta wortel dan jamur shiitake sebagai unsur penyedap.

Selanjutnya adalah proses eksekusi pembuatan. Untuk lebih mempermudah langkah anda berikut urutan tips cara pembuatan kuah kaldu ramen yang bisa anda ikuti:

1. Karamelkan daun bawang yang sudah dipotong sebesar jari, jahe iris, dan bawang putih utuh. Langkah ini untuk memberi rasa pada kuah nantinya.

2. Setelah itu, masukkan wortel yang dipotong kecil-kecil untuk memberi tambahan rasa manis alami.

3. Rebus sayap ayam, konbu, jamur dan tulang ayam menggunakan panci besar dengan jumlah air yang banyak.

Baca Juga:  5 Resep Sup Paling Populer di Indonesia yang Selalu Diburu saat Cuaca Dingin

4. Rebus ketika airnya masih dingin agar pori-pori ayam terbuka dan ayam dapat melepaskan rasanya kedalam kuah.

5. Setelah kuah mulai mendidih, ambil sedikit airnya lalu masukkan ke wajan tempat rempah aromatic dikaramelkan. Gosok-gosok bagian bawahnya hingga minyak beraroma tersebut masuk kedalam air (deglazing).

6. Masukkan campuran ini ke kaldu ayam. Rebus hingga tulang ayam benar-benar empuk dan dagingnya bisa lepas dari tulangnya.

Proses ini bisa memakan waktu hampir tiga jam. Namun jika anda ingin cara yang lebih cepat, anda bisa menggunakan panci presto untuk membuat kuah ramen. Dengan panci presto waktu yang dibutuhkan hanya sekitar satu hingga satu setengah jam.

Sebaiknya buang lemak yang mengambang pada kuah, karena tidak menyehatkan bagi tubuh.

Itulah tips membuat kuah ramen yang enak ala rumahan sederhana, dengan adanya tips memasak ini diharapkan anda tidak bingung lagi tentang bagaimana cara membuat kuah ramen sendiri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar Dibawah