Tepung Almond: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Membuatnya

Tepung Almond: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Cara Membuatnya

Pengertian Tepung Almond

Tepung Almond atau Almond powder adalah bahan makanan berupa tepung bernutrisi tinggi yang dibuat dari bahan dasar kacang almond. Dalam setiap 100 gram penyajian terdapat energi sebesar 576 kkal dan kaya akan protein, lemak, vitamin khususnya riboflavin dan vitamin E, dan mineral mineral seperti mangan, magnesium, fosfor, kalsium, kalium dan sebagainya. Tepung Almond ini sering digunakan dalam proses membuat kukis, cake, roti atau olahan makanan lain karena dapat difungsikan sebagai perisa dan aroma makanan menjadi lebih lezat.

Almond Powder atau tepung almond ini memiliki tekstur yang kasar dan berwarna agak putih kekuningan. Selain bisa dibuat sendiri, tepung almond juga dengan mudah dapat kita temukan di toko bahan-bahan roti, banyak tersedia produk Almond Powder baik brand ternama dan produk lokal, untuk harga tepung almond sendiri termasuk mahal karena bahan baku kacang almond juga mahal. (Baca juga: Tepung Maizena: Pengertian, Fungsi, Kandungan dan Kegunaanya)

Tepung Almond
Tepung Almond | pixabay.com/jennyleenaguirre

Fungsi dan Manfaat Tepung Almon

Dalam pembuatan kue, Almond powder juga bisa berfungsi sebagai bahan pengganti tepung terigu sehingga rasa dan aroma kue nantinya lebih enak dan sedap. Pengaplikasiannya sendiri bisa ditemukan pada resep macaroon.

Selain memiliki fungsi sebagai pengganti tepung terigu dalam hal dunia baking, tepung almond juga memiliki kandungan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, beberapa diantaranya adalah:

  • Memiliki kandungan nutrisi tinggi
  • Kaya akan antioksidan
  • Dapat melindungi membran sel dengan baik
  • Cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes
  • Berguna untuk mencegah hipertensi
  • Dapat menurunkan tingkat kolesterol
  • Mencegah rasa lapar
  • Sangat baik bagi yang sedang diet untuk menurunkan berat badan

Cara Membuat Tepung Almond

Almond powder ini bisa anda buat sendiri dengan menggunakan bahan dari kacang almond kualitas baik yang sudah dibersihkan terlebih dahulu dari kulitnya, baru kemudian dipanggang sebentar dalam oven panas. Lalu biarkan hingga dingin dan dihaluskan dengan menggunakan food processor atau grinder sampai halus. Karena almond memiliki sifat mudah sekali bau tengik, sebaiknya jika ingin membuat almond powder sendiri maka buatlah secukupnya saja.

Baca Juga:  3 Resep Cara Membuat Masker Kopi Untuk Kecantikan Wajah dan Kulit

Proses Membuat Tepung Almond / Almond Powder

1. Langkah awal untuk membuat tepung almond adalah dengan membersihkan bahan baku tepungnya. Pastikan jika bahan baku tepung almond tidak berisi toksin yang berbahaya. Bahan baku berupa kacang almond dapat direndam dengan air yang bersih terlebih dahulu sebelum kemudian dijemur dan dikeringkan di bawah terik matahari.

2. Waktu yang dibutuhkan untuk perendaman bisa disesuaikan dengan keperluan bahan dasar. Jika proses perendaman kacang almond membutuhkan waktu yang lama, maka air yang dipakai mesti diganti setiap 12 jam sekali.

3. Bahan dasar tepung almond dijemur hingga kering sempurna dengan kandungan air harus kurang dari 10%. Setelah dikeringkan, tahapan selanjutnya yaitu proses penggilingan bahan dasar tepung almond.

4. Tahap penggilingan bahan dasar tepung almond dapat Anda lakukan secara tradisional dengan alat manual dan ditumbuk memakai alu dan lumping atau bisa juga memakai mesin penggiling tepung untuk mempersingkat waktu.

Tinggalkan Komentar Dibawah