Resep Klepon Tepung Beras Yang Enak, Gurih dan Kenyal

Resep Klepon Tepung Beras Yang Enak, Gurih dan Kenyal

Kue Klepon atau kelepon adalah kue tradisional khas Indonesia yang termasuk ke dalam jenis makanan jajanan pasar. Cemilan ini memiliki rasa yang manis, gurih dan juga enak. Cara membuat kue klepon ini sangat mudah dan sederhana, Anda pun pasti dengan mudah bisa membuatnya.

Kue Klepon terbuat dari tepung beras ketan yang diberi pewarna hijau atau putih, kemudian diisi dengan gula merah lalu dibentuk bola-bola kecil yang direbus dalam air mendidih. Lalu dibaluri dengan parutan kelapa. Jadilah cemilan lezat yang namanya klepon.

Nah, jika anda ingin tau lebih jauh apa saja resep klepon yang enak dan bagaimana proses cara membuatnya, berikut ini kami bagikan resep dan tips membuat kue klepon yang enak, kenyal dan tidah pecah.

Panduan Cara Membuat Resep Klepon Tepung Beras Yang Enak, Gurih dan Kenyal

Resep Klepon Tepung Beras Empuk Enak

Resep Kue Klepon Tepung Beras Enak dan Gurih

  • Tepung beras (50 gram.)
  • Tepung ketan halus (250 gram.)
  • Pasta hijau atau pewarna hijau (2 sendok makan.)
  • Gula merah (200 gram, sisir tipis.)
  • Daun pandan (1 lembar, buat simpul.)
  • Kelapa parut (100 gram.)
  • Air matang (200 ml.)
  • Air larutan kapur sirih (2 sendok teh .)
  • Garam (1/2 sendok teh.)
  1. Siapkan wadah panci untuk mencampur dan membuat adonan kue klepon.

  2. Kemudian masukkan tepung beras dan tepung ketan kedalam wadah panci. Aduk rata.

  3. Selanjutnya masukkan 2 sendok makan pasta pandan dan 2 sendok teh air kapur sirih, aduk rata.

  4. Masukkan air matang sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan klepon dirasa cukup lentur dan mudah untuk dibentuk.

  5. Jika adonan biang kue klepon sudah cukup lentur, kemudian bentuk dan bulatkan sesuai ukuran selera masing-masing.

  6. Pipihkan dan masukkan gula merah yang sudah disisir halus secukupnya. Bulatkan kembali.

  7. Lakukan langkah diatas sampai semua adonan ini habis dan sudah dibentuk semua.

  8. Jika sudah selesai dibentuk, panaskan air lalu rebus adonan kue klepon yang sudah dibentuk tadi menggunakan api sedang. masak sampai kue klepon mengapung. Tiriskan.

  9. Siapkan alat kukusan berupa dandang atau pan pengukus. Sementara itu ambil wadah berukuran sedang lalu masukkan parutan kelapa, garam, dan daun pandan. kemudian kukus sebentar.

  10. Terakhir, ambil kue klepon yang sudah direbus tadi kemudian guling-gulingkan ke dalam parutan kelapa satu persatu hingga permukaan klepon tertutup parutan kelapa.

  11. Tata diatas piring saji dan Sajikan kue klepon tepung beras isi gula merah rasa gurih bersama teh manis.

Baca Juga:  Cara Membuat Macaroon Warna-Warni Sederhana Ala Rumahan

Tips Membuat Klepon Yang Enak, Gurih, Kenyal dan Agar Tidak Mudah Pecah

Agar bulatan klepon memiliki bentuk dan tekstur yang sempurna. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat anda lakukan pada resep klepon agar tekstur klepon tidak lembek, tidak pecah dan bentuknya bisa bulat sempurna:

  1. Pada resep diatas, kami menambahkan air kapur sirih untuk membuat tektur klepon menjadi kenyal, anda bisa menyesuaikan untuk menggunakanya atau tidak.
  2. Pada saat membuat adonan, tuang air hangat suam kuku sedikit demi sedikit ke wadah yg berisi adonan sampai adonan kalis dan bisa dibentuk. Pastikan adonan tidak terlalu lembek atau terlalu keras. Jika terlalu lembek, tambah kembali tepung ketan dan sebaliknya jika terlalu keras tambahkan lagi sedikit air.
  3. Untuk takaran air, Ibu tidak perlu berpatokan dengan takaran air di resep. Perhatikan tekstur adonan dengan baik, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni serta dirasa adonan sudah kalis untuk bisa dibentuk.
  4. Campur bahan dalam adonan hingga benar-benar halus merata. Agar tidak pecah ketika di didihkan ke dalam rebusan air, pertama-tamma ambil adonan lalu pipihkan adonan klepon untuk memasukkan gula merah Jawa di dalamnya. Kemudian bulatkan kembali hingga gula merah terselimuti dengan sempurna. Lakukan hingga adonan klepon habis. hingga tertutup rapih agar tidak pecah.
  5. Jangan beri isi terlalu banyak dan penuh, hal ini sangat berisiko membuat bola-bola klepon pecah ketika direbus dalam air.
  6. Tepung ketan biasanya lebih sering digunakan pada resep klepon, karena akan lebih mudah menghasilkan tekstur kenyal. Namun tepung ketan akan mudah lembek pada saat proses pembulatan, akibat terkena panas dari tangan Ibu. Oleh karena itu, sebaiknya taburi tangan Ibu dengan tepung ketan terlebih dahulu sebelum membulatkan adonan agar bola-bola klepon tidak mudah pecah setelah diberi isian gula jawa.
  7. Sambil menunggu air mendidih atau antrean memasukkan klepon di dalam air, sebaiknya Ibu letakkan bola-bola klepon di dalam wadah yang juga ditaburi tepung ketan, agar tidak lengket dan pecah.
  8. Jangan terlalu lama merebus bola-bola kelpon dalam air mendidih, karena akan membuat tekstur klepon menjadi lembek.
  9. Segera angkat bola-bola klepon secepatnya begitu sudah mengapung di atas permukaan air.
  10. Saat mengangkat bola-bola klepon, sebaiknya gunakan saringan kawat dan cara yang benar jangan langsung diangkat keatas. Tetapi digeser dulu ke samping baru diangkat. Hal ini untuk mencegah bola-bola klepon pecah akibat perubahan suhu.
Baca Juga:  Resep dan Cara Membuat Keripik Singkong Rebus Enak, Gurih, Lembut Super Renyah

Tinggalkan Komentar Dibawah