Resep Dasar Aneka Roti Tanpa Ulen Tanpa Mikser Tapi Hasilnya Lembut

Roti Lembut Tanpa Mixer

Cara Membuat Roti Lembut Tanpa Ulen Tanpa Mixer

Resep Dasar Aneka Roti Tanpa Ulen Tanpa Mikser. Pernah buat adonan roti tanpa ulen dan tanpa mixer? Beberapa waktu yang lalu pernah nyoba membuat roti dengan resep no ulen, namun waktu dicoba ternyata hasilnya masih kasar, adonan rotinya kurang kalis dan kurang elastis, hasil rotinya pun masih kurang cantik.

Sampai akhirnya kemarin nyoba lagi dan menemukan cara yang pas dan hasilnya cukup memuaskan, rotinya empuk seperti roti yang diulen mikser spiral padahal ini tanpa di mixer sama sekali. Untuk membuat roti yang empuk seperti brownis lembut memang harus penuh perencanaan diawal, dan harus ekstra sabar menunggu prosesnya, karena adonan harus diproofing di kulkas sampai berjam-jam bahkan semalaman.

Meskipun membuatnya agak ribet dan harus menunggu lama tapi adonan rotinya menjadi lentur dan hasilnya lembut dan juga elastis. Cocok banget buat yang mau bikin roti enak tapi males ribet ngulen pake tangan atau mikser. Oke, langsung saja kita lihat resep dan proses cara membuat resep dasar aneka roti tanpa ulen tanpa mikser dibawah ini.

Bahan-bahan Resep Aneka Roti Tanpa Ulen Tanpa Mikser

Bahan A:

  • 250 ml air hangat atau susu cair hangat. Jika telur dilewatkan maka air hangatnya ditambah jadi 310 ml]
  • 2 sdm gula pasir (untuk membuat roti savoury), Jika membuat roti manis bisa ditambahkan lagi takaran gulanya.
  • 2 sdt ragi instant

Bahan B

  • 500 gr tepung protein tinggi
  • 1 btr telur

Bahan C:

  • 1/2 sdt garam
  • 4 sdm mentega/margarine – cairkan sekitar 50 gr

Bahan Olesan:

  • Secukupnya butter- cairkan

Baca juga : Resep Roti Bread Talk Enak dan Lembut

Cara Membuat Aneka Roti Tanpa Ulen Tanpa Mikser

1. Pertama-tama jika bahan sudah siap semua, kemudian siapkan wadah atau panci besar. Kemudian campurkan bahan-bahan A kedalam wadah besar tadi lalu diamkan sebentar sekitar 5 menitan sampai mulai terlihat buih kecil. Jika sudah cukup, kemudian lanjutkan dengan memasukkan bahan B. Aduk rata semua bahan adonan dengan sendok kayu atau pakai tangan. Selanjutnya masukan semua bahan C, aduk terus dengan menggunakan sendok kayu atau pakai tangan sampai tidak ada tepung yang masih kering atau bergerindil. Sampai disini adonan lembek namun tidak menempel di dinding wadah.

2. Langkah selanjutnya adalah menutup adonan. Tutup adonan yang ada didalam wadah tadi dengan alumunium foil. Kemudian masukan kedalam kulkas/ freeser selama setidaknya 4-5 jam, jika anda menginginkan hasil yang empuk dan maksimal, maka simpan didalam kulkas selama semalaman.

3. Setelah adonan disimpan selama 3-4 jam, selanjutnya keluarkan dari kulkas. Pukul-pukul adona lalu keluarkan dari wadah dan taruh di atas alas yang sudah ditaburi tepung. Ambil adonan seperlunya saja, sisanya bisa di masukan lagi kedalam kulkas.

4. Kemudian lanjutkan dengan membentuk adonan. Bulatkan sebagian adonan yang mau kita pakai lalu tutup dengan clingwrap, diamkan sekitar 30 menit sampai adonan mengembang. Jika sudah, kemudian bentuk dan isi adonan. Adonan yang sudah dibentuk dan diberi isian kemudian ditaruh di loyang yang sudah diolesi menteg, kemudian tutup loyang dengan cling wrap atau kain bersih dan diamkan lagi selama 30 menit sampai adonan mengembang.

5. Langkah yang terakhir adalah pemanggangan. Panaskan oven dengan suhu maksimal selama 10 menit. Lalu setelah oven panas, sebelum adonan roti dimasukan sebaiknya semprot dulu bagian permukaannya dengan air atau susu UHT agar hasilnya bisa cantik kuning merata. Setelah itu panggang sesuai standar oven masing-masing.

6. Kalau sudah matang, keluarkan dari oven lalu olesi permukaan roti dengan mentega yang dicairkan.

Resep Dasar Aneka Roti Tanpa Ulen Tanpa Mikser Tapi Hasilnya Lembut
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat)