Resep dan Cara Membuat Tiwul, Makanan Tradisional Khas Indonesia Yang Legendaris

Resep dan Cara Membuat Tiwul, Makanan Tradisional Khas Indonesia Yang Legendaris

Tiwul adalah salah satu jenis makanan tradisional jajanan pasar dari proses olahan singkong dan merupakan makanan khas Gunungkidul.

Selain daerah Gunungkidul, masyarakat Wonosobo, Wonogiri, pacitan Dan Blitar juga biasa mengonsumsi makanan ini sebagai menu makanan sehari-hari.

Resep Cara Membuat Tiwul, Makanan Khas Dari Singkong

Tiwul terbuat dari tepung gaplek, yaitu singkong yang dikeringkan terlebih dahulu sampai benar-benar kering sebelum ditumbuk. Kuliner khas Indonesia ini mempunyai ciri-ciri warna kecokelatan, cita rasa manis khas singkong berpadu dengan gurihnya parutan kelapa merupakan rasa original dari tiwul itu sendiri.

Selain dijadikan sebagai cemilan yang enak, tiwul juga bisa disajikan sebagai makanan berat pengganti nasi, sebab singkong merupakan sumber makanan yang kaya karbohidrat.

Cara membuat tiwul ini sebenarnya sangat mudah. Jika anda melakukannya dari proses awal, Anda perlu membuatnya dalam waktu yang lumayan lama, karena anda harus menjemur singkong terlebih dahulu sampai kering.

Namun, jika anda tidak ingin direpotkan dengan prosesnya yang lama, anda bisa membeli singkong kering atau tepung gaplek dipasar kemudian tinggal diolah menjadi tiwul. Resepnya sangat sederhana, berikut adalah resep dan cara membuat tiwul manis dan gurih yang bisa anda coba.

Resep Tiwul

  • Tepung gaplek (300 gram)
  • Air (70 ml)
  • Daun pandan (2 lembar)
  • Gula merah (100 gram, sisir halus)

Bahan Taburan :

  • Kelapa muda (1/4 butir, parut panjang)
  • Daun pandan (1 lembar)
  • Garam (1/4 sendok teh )
  1. Taruh tepung gaplek di atas nampan datar atau tampah, perciki dengan air sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga adonan membentuk butiran seperti pasir, sisihkan.

  2. Kemudian masukkan butiran-butiran tiwul ke dalam dandang yang telah dipanaskan dan dialasi daun pisang, beri gula merah sisir secara acak, kukus selama kurang lebih 60 menit, angkat.

  3. Kukus pula kelapa parut, daun pandan dan garam selama 15 menit, angkat.

  4. Sajikan tiwul bersama kelapa parut.

Baca Juga:  Resep Cara Buat Kue Lapet Khas Batak Enak dan Legit

Seperti itulah cara membuat tiwul yang merupakan makanan tradisional khas jajanan pasar yang banyak dijual di pasar-pasar tradisional.

Dengan adanya resep ini kami berharap anda pun bisa membuat makanan tradisional lengendaris warisan kuliner nusantara ini agar keberadaanya tidak punah karena semakin maraknya gempuran olahan makanan modern. Selamat berkreasi!

Tinggalkan Komentar Dibawah