Resep Cara Membuat Kue Semprong (Kue Seupet Khas Aceh) Garing dan Renyah

Cara Membuat Kue Semprong. Seupet Kuwet atau kue Semprong merupakan salah satu camilan kue kering lebaran khas Aceh. Rasanya yang gurih dan renyah membuat siapapun yang menikmatinya bakal ketagihan. Ingin coba membuatnya?

Jika anda ingin belajar membuat kue seupet kuwit atau kue semprong yang renyah dan gurih, anda pun bisa membuat sendiri dirumah dengan cara yang sangat sederhana. Seperti ini langkah membuat step by step yang bisa anda praktikkan!

Baca juga: 10 Resep Kue Kering Lebaran Paling Populer

Resep Cara Membuat Kue Semprong

Bahan-bahan Kue Seupet yang Digunakan:

  • Tepung Terigu – 200 gr
  • Telur Ayam – 4 Butir
  • Margarin Cair – 300 gram
  • gula pasir – 1 Kg
  • Ovalet – 1 sendok makan
  • Tepung Kanji – 1/2 ons
  • Susu bubuk full cream – 1 sendok makan (bisa juga pakai susu kental manis).
  • Vanili – 1 bungkus
  • Santan Kelapa secukupnya

Cara Membuat Kue Seupet Kuwit atau Kue Semprong:

1 Mixer telur sampai berbusa. Tambahkan gula dan ovalet, lalu mixer dengan kecepatan tinggi kurang lebih 15 menitan.

2 Setelah bahan teraduk rata, tambahkan Tepung terigu dan tepung kanji ke dalam adonan, perlahan-lahan tambahkan susu dan margarin cair kedalam adonan dengan kecepatan sedang.

3 Selanjutnya, tuangkan santan kelapa ke dalam adonan serta di aduk secara perlahan lahan.

4 Siapkan cetakan kue seupet atau cetakan kue semprong kemudian panaskan dan beri sedikit olesan minyak goreng pada cetakan tersebut agar ketika bahan kue yang sudah diaduk tidak lengket.

5 Setelah cukup panas, tuang 1 sdm adonan kedalam cetakan kemudian tutup dan tekan.Tunggu hingga beberapa detik kemudian balik cetakan kue yang sudah diisi tadi untuk dipanggang lagi. Angkat kue dari atas cetakan.

6 Terakhir, bentuk kue semprong lalu di tekan dengan menggunakan tangan agar hasilnya maksimal atau gulung menggunakan sumpit agar tangan tidak kepanasan, saat memanggang gunakan api kecil saja agar hasilnya maksimal dan biar tidak cepat gosong atau hangus.

Di Aceh, kue kering ini biasanya banyak dijual menjelang lebaran Hari Raya, baik itu hari raya Idul Fitri maupun hari Raya Idul Adha. Selain pada moment hari besar tersebut kue ini sulit ditemukan. Namun seiring perkembangan zaman, keberadaan kue seupet ini sudah bisa kita dapatkan di Toko – toko serta swalayan yang ada di Aceh.

Resep Kue Semprong

Tinggalkan Komentar Dibawah