Kapur Sirih: Pengertian, Manfaat Dan Kegunaanya Pada Makanan

Pengertian Kapur Sirih

Kapur sirih sebenarnya sudah dikenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Air kapur sirih adalah endapan air dari kapur sirih yang di larutkan. Hasil dari endapan batu kapur berupa lumpur kapur lembut ini ternyata memiliki sejumlahmanfaat dan khasiat.

Walaupun banyak yang menyebut dengan sebutan kapur sirih, sebenarnya jenis kapur yang satu ini bukan berasal dari tanaman sirih. Ini karena kapur tersebut dulunya sering digunakan sebagi pelengkap daun sirih dan pinang dalam budaya mengunyah sirih pada masa itu.

Orang tua kita dulu berkeyakinan bahwa kapur sirih bisa membuat gigi maenjadi kuat, dapat menghilangkan warna hitam pada area lipatan kulit dan dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau badan. Kapur sirih juga diyakini dapat membuat kulit menjadi lebih putih dan bersih.

Selain itu, kapur sirih ternyata juga aman lho untuk diolah bersama makanan, karena bahan ini dapat membuat makanan menjadi renyah dan adonan makanan pun menjadi kalis. Beberapa jenis makanan khas Indonesia yang sering menggunakan kapur sirih, yaitu klepon dan lontong.

Kapur Sirih
Ilustrasi Kapur Sirih / Source: Viva.co.id

Bahan-bahan Untuk Membuat Kapur Sirih

Pernahkah Anda bertanya, kapur sirih itu dibuat dari apa dan didapat dari mana? Banyak yang beranggapan bahwa kapur sirih merupakan endapan yang dihasilkan dari proses merendam bebatuan jenis gamping yang diperoleh dari gunung kapur.
Ternyata anggapan ini tidak selamanya benar, kapur sirih bukan hanya dihasilkan dari batu kapur saja melainkan ada juga yang dibuat dari kulit kerang jenis kapah yang diproses sedemikian rupa akhirnya menjadi kapur sirih yang sangat putih bersih.

Baca Juga:  17 Mie Ayam Paling Terkenal di Jogja Yang Enak dan Harganya Murah

Sentra Pembuatan Kapur Sirih

Jika anda penasaran tentang bagaimana proses membuat batu kapur, anda dapat mengunjungi sentra penghasil batu kapur ini di salah satu tempat di Kalimantan yaitu lebih tepatnya di Pulau Sugara, Kalimantan Selatan. Masyarakat disana banyak yang memproduksi kapur sirih sebagai mata pencarian mereka sehari-hari.

Pulau Sugara merupakan pulau kecil yang dikelilingi Sungai Barito dan Sungai Martapura. Sentra penghasil kapur sirih ini masuk ke dalam wilayah administrasi Kabupaten Barito Kuala, lokasinya dekat dengan Kota Banjarmasin. Jika dari Pasar Terapung Muara Kuin anda hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk sampai disana.

Manfaat Kapur Sirih

Kapur sirih mengandung banyak kalsium didalamnya. Oleh sebab itu bahan dari alam ini memiliki banyak manfaat khususnya untuk kesehatan. Kapur sirih mempunyai banyak manfaat di antaranya dapat difungsikan dan dimanfaatkan untuk bahan pengobatan herbal, kecantikan, dan banyak juga dijadikan untuk campuran bahan pengolah makanan.

Namun pada bahasan ini kami lebih fokus pada topik manfaat dan kegunaan kapur sirih pada makanan. Sedangkan bahasan tentang manfaat kapur sirih untuk pengobatan herbal atau manfaat untuk kecantikan akan kita bahas di bagian yang lain.

Manfaat Kapur Sirih pada Makanan

Saat ini banyak orang mencampurkan kapur sirih ke dalam bahan makanan yang ia konsumsi. Hal ini kerap dimaksudkan untuk:

  • Membuat makanan menjadi lebih renyah
  • Membuat warna makanan lebih menarik
  • Membuat adonan kue menjadi lebih cepat kalis dan tidak lengket di tangan
  • Membantu membersihkan jeroan
  • Air kapur sirih juga dapat berguna untuk mengenyalkan makanan.

Kegunaan Kapur Sirih Pada Masakan

Penggunaan kapur sirih dalam masakan sebenarnya sudah di dilakukan sejak jaman dahulu oleh nenek moyang kita, misalnya saja dalam pembuatan aneka keripik umbi-umbian sering direndam terlebih dahulu menggunakan air kapur sirih.

Baca Juga:  Daftar Harga Jogja Scrummy dan Varian Rasanya

Juga dalam proses membuat manisan, buah-buahan pun direndam dengan air kapur sirih sebelum dibuat menjadi manisan agar buah tidak mudah hancur. Selain itu, Aneka jajanan pasar tradisional pun ada yang menggunakan air kapur sirih ini sebagai bahan tambahanya.

Sebagai pelengkap informasi, berikut adalah beberapa contoh olahan makanan yang menggunakan air kapur sirih serta bagaimana cara menggunakanya:

Keripik singkong, Keripik pisang dan umbi-umbian menjadi lebih renyah dan garing tahan lama.

  • Cara menggunakanya adalah bahan keripik yang sudah di iris tipis kemudian direndamkan kedalam air kapur sirih selama kurang lebih satu jam sebelum digoreng, ini perlu dilakukan jika anda menginginkan hasil keripik anda menjadi renyah dan garing tahan lama.

Penggunaan Air Kapur Sirih pada ketupat dan lontong dapat menjadikanya lebih tahan lama.

  • Caranya adalah beras yang sudah dicampur dengan air kapur sirih kuemudian didiamkan selama kurang lebih satu jam sebelum dibungkus. Air kapur sirih ini bisa membuat tekstur ketupat atau lontong yang anda buat menjadi lebih kenyal dan tahan lama. Oleh karena itu, anda tidak perlu menggunakan bahan pengawet lagi.

Menjadikan kue klepon dan cendol menjadi lebih kesat dan kenyal

  • Jika anda membuat aneka kue klepon atau membuat cendol, menambahkan beberapa sendok air kapur sirih bisa membuat adonan menjadi lebih kenyal.

Saat membuat rempeyek kacang menggunakan air kapur sirih, dapat membuat menjadi lebih garing dan tahan lama

  • Agar peyek atau rempeyek kacang yang kita buat bisa garing, renyah dan tahan lama, menambahkan air kapur sirih adalah satu hal yang wajib. Caranya yaitu campurkan air endapan kapur sirih ke dalam adonan rempeyek yang anda buat, kemudian goreng sampai garing.
Baca Juga:  4 Macam Olahan Kue dari Bahan Tepung Hunkwe, Enak, Mudah dan Sederhana

Membuat kulit lumpia tidak mudah sobek

  • Jika anda membuat kulit lumpia tapi sering sobek, coba tambahkan sedikit air kapur sirih pada adonan kulit lumpia tersebut. Dijamin hasilnya akan jauh lebih baik dan lebih sempurna.

Kesimpulan

Di atas tadi adalah penjelasan mengenai pengertian Manfaat Dan Kegunaanya Pada Makanan. Semoga artikel ini menambah wawasan kita tentang apa itu kapur sirih dan hal-hal yang berkaitan dengan topik tersebut.

Tinggalkan Komentar Dibawah