4 Tips Cara Menyimpan Santan Kelapa Agar Tahan Lama dan Tidak Cepat Basi

Cara Menyimpan Santan Kelapa – Santan adalah salah satu bumbu masakan yang sangat penting dalam dunia masakan khas Indonesia. Sebagaimana yang kita tahu, santan berkualitas baik dihasilkan dari buah kelapa yang sudah benar-benar tua, kelapa tersebut kemudian diparut sebelum diperas untuk diambil air santanya. Sehingga dihasilkan santan yang siap untuk berbagai olahan makanan seperti Opor Ayam, Sayur Lodeh, Gulai dan lain-lain.

Cara Menyimpan Santan Kelapa

Nah, mengingat bahwa bahan ini tidak bisa bertahan lama dan bisa cepat basi, maka kita harus pintar menyimpan santan dengan cara dan wadah yang tepat.

Rasanya tentu menyebalkan bila santan yang sudah kita peras ternyata cepat basi. Hal ini tentu berbeda dengan santan praktis dalam kemasan karena lebih tahan lama selama belum dibuka.

Cara menyimpan santan kelapa agar tidak mudah basi bergantung pada kapan Anda akan menggunakannya. Berikut adalah tips cara menyimpan santan kelapa yang baik dan benar agar santan awet tahan lama dan tidak cepat basi. Baca tips ini sampai akhir.

Berikut adalah tips cara menyimpan santan kelapa yang baik dan benar agar santan awet tahan lama dan tidak cepat basi. Baca tips ini sampai akhir.

Pastikan Terlebih Dahulu Anda Ingin Menyimpan untuk Jangka Pendek atau Panjang?

Anda perlu menentukan berapa hari anda ingin menyimpan santan kelapa. Biasanya, santan kelapa mampu bertahan selama kurang lebih 4-6 hari jika disimpan di dalam kulkas. Dan jika disimpan didalam freezer bahkan bisa bertahan hingga 3 bulan.

Santan kelapa yang hendak disimpan sebaiknya ditempatkan dalam wadah tertutup, seperti ditaruh dalam wadah atau plastik yang tertutup rapat.

Alternatif Cara Menyimpan Santan Kelapa Agar Tidak Mudah Basi

Ada beberapa cara alternatif yang bisa anda gunakan untuk menyimpan santan kelapa dalam jangka waktu tertentu, namun terlebih dahulu sebaiknya tentukan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Alternatif Pertama

Cara ini hanya untuk 24 jam. Parut kelapa, lalu siram dengan air panas. Dinginkan dan biarkan hingga asapnya hilang. Baru setelah itu masukkan ke dalam kulkas. Ingat..! Jangan diperas dulu jika belum segera digunakan.

Baru setelah Anda ingin menggunakan santan kelapa ini untuk memasak, Anda tinggal mengeluarkannya dari kulkas, kemudian peras parutan kelapa tersebut. Usahakan tidak menggunakan santan tersebut setelah lewat dari 24 jam agar tidak mendapatkan santan yang basi.

Alternatif Kedua

Jika anda tidak ingin menyimpanya didalam kulkas sebaiknya lakukan cara ini: Parut kelapa lalu siram dengan air panas. Jika sudah agak dingin lalu peras santanya, kemudian rebus santan sampai mendidih. Simpan dalam wadah.

Anda bisa kembali merebusnya setiap enam jam sekali. Kualitas santan ini hanya bisa bertahan selama 24 jam, sebaiknya segera gunakan santan tersebut supaya tidak basi jika untuk memasak.

Alternatif Ketiga

Agar Santan Bertahan Selama Satu Bulan sebaiknya lakukan cara ini: Setelah santan sudah jadi, tambahkan sedikit garam. Lalu rebus dan dinginkan. Masukkan ke dalam plastik, kemudian simpan santan di dalam freezer. Dengan cara ini santan bisa bertahan selamasebulan lebih.

Alternatif Keempat

Jika Anda menginginkan santan mampu bertahan selama tiga bulan, maka lakukan cara ini: Pertama, simpan santan dalam wadah tertutup rapat. Kemudian, masukkan ke dalam freezer hingga membeku. Namun, jika Anda inggin menggunakanya, Anda butuh waktu 24 jam untuk mencairkan santan beku ini.

Perlu digaris bawahi, semakin lama santan kelapa disimpan maka kualitasnya pun akan semakin menurun. Jika anda menginginkan masakan yang lezat, lebih baik jika Anda langsung menggunakan santan kelapa asli yang baru diperas.

Seperti itulah Tips Cara Menyimpan Santan Kelapa Agar Tahan Lama dan Tidak Cepat Basi yang bisa Anda lakukan. Semoga Artikel Tips Memasak ini bermanfaat dan memberikan wawasan baru bagi pembaca.

Tinggalkan Komentar Dibawah