Cara Membuat Adonan Kulit Siomay Pedas Dengan 4 Bahan Sederhana

Membuat adonan kulit siomay sebenarnya sangat sederhana. Bahan-bahanya adalah tepung dan air, dan mungkin sedikit garam. Bagian sulitnya adalah mengolah kulit siomay saat sudah selesai. Tapi apabila Anda mau bersabar dan menikmati pengalaman ini, Anda akan kagum seberapa cepat kepakaran Anda dalam membuat siomay akan tumbuh. Dalam resep ini saya menambahkan sedikit cabai Himalaya untuk menambah sensasi rasa pedas.

Cara Membuat Adonan Kulit Siomay

Cara Membuat adonan Kulit Siomay

Bahan-Bahan

  • 2 cangkir (350 gram) tepung terigu serbaguna
  • 1 sendok teh cabai himalaya
  • sejumput garam
  • 3/4 cangkir (85 ml) air mendidih

Cara Membuat Kulit Siomay

  1. Dalam pinggan pencampur, aduk jadi satu tepung, garam, dan cabai. Segala jenis cabai bisa dipakai, tetapi saya suka bubuk cabai Himalaya. Pedasnya menggigit dan rasanya enak. Anda biasanya bisa menemukannya di toko bahan makanan India.
  2. Satu-satunya trik dalam membuat adonan kulit siomay adalah airnya harus panas. Pastikan Anda menjerang air sampai mendidih sebelum mengukur jumlahnya. Apabila Anda menjerangnya dulu, maka Anda akan menggunakan lebih sedikit air, bukan? Aduk dengan sumpit. Sumpit cukup baik baik untuk memecah gumpalan.
  3. Campur seluruh bahan untuk membentuk adonan. Uleni selama beberapa menit sampai lembut. Bungkus adonan dalam plastik atau masukkan ke dalam kantung plastik dan dinginkan selama minimal 30 menit.
  4. Sekarang setelah Anda memiliki adonan, gulung menjadi gelondong. Lebarnya harus sekitar 2 atau 3 jari. Tidak perlu harus persis.
  5. iris gelondong jadi lempeng-lempeng. Selebar jari kelingking sudah cukup. Bungkus kembali adonan agar tidak kering saat Anda sedang mengerjakannya.
  6. Tekan selempeng adonan dengan ibu jari. Putar-putar menjadi seperti lingkaran. Ketebalan lebih penting daripada bentuknya. Mulailah dengan ketebalan yang standar, tetapi silakan untuk membuatnya lebih tipis apabila Anda lebih suka bungkus siomay yang lebih tipis.
  7. Sendok satu bola isi siomay ke dalam bungkus siomay.
  8. Ada lebih dari satu cara untuk mengisi siomay. Tutup kulit siomay, lalu jepit sekitar 5 lipatan sepanjang tepiannya. Anda dapat melihat lebih banyak teknik melipat siomay di YouTube. Saya juga suka lipatan gaya beijing yang lebih sederhana.
  9. Kulit ini cocok untuk membungkus segala jenis isian yang lezat. Masak dengan cara digoreng sampai kecoklatan di satu sisi dan kemudian percikkan air agar keluar uapnya.
Baca Juga:  5 Resep Sup Paling Populer di Indonesia yang Selalu Diburu saat Cuaca Dingin

Baca juga: 4 Tips Cara Menyimpan Santan Kelapa Agar Tahan Lama dan Tidak Cepat Basi

Tags:

Tinggalkan Komentar Dibawah