Bawang Merah, Manfaat dan Kegunaanya

Selain membuat masakan terasa gurih dan harum, Bumbu dapur yang sering kita pakai sehari-hari ini ternyata punya banyak manfaat.

Bawang Merah atau dalam bahasa Jawa sering disebut dengan nama Brambang adalah salah satu bumbu masakan wajib untuk setiap masakan. Bumbu dari jenis umbi-umbian ini konon sudah ada kitar tahun 2000 SM, dan banyak digunakan oleh masyarakat Tiongkok, Asia Tengah, dan juga Asia Tenggara. Bawang merah bahkan sudah lama dijadikan sebagai bahan pokok dalam masakan Mediterania, Amerika, Prancis, dan Belanda. Umbi-umbian ini sering digunakan sebagai salah satu bahan utama dalam saus salad (dressing), bumbu gorengan, masakan ayam, tumis-tumisan, dan saus untuk menambah cita rasa masakan. Selain itu, bawang merah ini dapat dimakan mentah sebagai lalapan, untuk bumbu masak, acar, dan dapat pula dijadikan sebagai obat tradisional.

Apa Kandungan Bawang Merah?

Selain dapat membuat masakan menjadi terasa gurih dan harum, bawang merah juga sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ada banyak sekali kandungan bawang merah didalamnya, bumbu masakan yang lezat ini ternyata memiliki beragam zat yang baik untuk tubuh seperti bebas lemak, rendah kalori, mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral.

Bawang merah juga kaya akan vitamin C, serat, kalium, kalsium, asam folat, dan zat besi. Selain itu, bawang merah juga mengandung zat yang berfungsi sebagai pengatur tumbuh alami yaitu hormon auksin dan giberelin.

Apa Manfaat Bawang Merah?

Kegunaan dan manfaat bawang merah adalah sebagai obat tradisional, bawang merah dikenal sebagai obat karena didalamnya terdapat kandungan antiseptik dan senyawa alliin. Senyawa tersebut selanjutnya diubah menjadi asam piruvat, amonia, dan alliisin sebagai bahan anti mikroba yang bersifat bakterisida. Bawang merah juga mengandung serat, karbohidrat, dan air. Serat adalah salah satu asupan nutrisi paling penting untuk membantu memelihara kesehatan saluran pencernaan. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan diabetes jika mengonsumsi yoghurt dan bawang merah, memiliki kadar gula darah, kolesterol, dan trigliserida yang jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak memakan bawang merah.

Bawang merah juga berfungsi sebagai obat maag, masuk angin, menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula dalam darah, sebagai obat kencing manis (diabetes melitus), untuk memperlancar pernafasan dan memperlancar aliran darah karena bawang merah bisa menghambat penimbunan trombosit dan dapat meningkatkan aktivitas fibrinotik.

Selain sebagai obat medis, bawang merah juga bermanfaat sebagai penambah rasa dan aroma pada masakan. Olahan yang paling umum adalah dijadikan sebagai bawang goreng. Bawang goreng dibuat dari bawang merah yang diiris tipis dan digoreng dengan minyak goreng yang banyak dan panas. Jenis masakan Indonesia yang wajib menggunakan bawang goreng adalah soto, sup dan bubur ayam.

Bawang Merah, Manfaat dan Kegunaanya
5 (100%) 5 votes

Tinggalkan Komentar Dibawah