Baking Powder: Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Kegunaanya

Pengertian Baking Powder

Apa Itu Baking Powder? Baking Powder adalah bahan pengembang berupa bubuk berwarna putih terang yang biasa dipakai untuk mengembangkan kue atau cake. Selain itu, bubuk ini berfungsi untuk meningkatkan volume dan memperingan tekstur makanan.

Cara kerjanya adalah dengan melepaskan gas karbon dioksida ke dalam adonan melalui sebuah reaksi asam-basa, reaksi ini asam basa ini dapat memunculkan gelembung-gelembung di dalam adonan yang masih basah, dan ketika adonan dipanaskan maka akan memuai. Saat adonan telah matang, gelembung-gelembung ini kemudian terperangkap didalam dan menyebabkan kue menjadi naik dan ringan.

Biasanya baking powder ini sering digunakan sebagai bahan pengganti ragi instan ketika rasa fermentasi tidak diinginkan pada adonan kue yang dibuat atau ketika adonan kurang memiliki sifat elastis untuk menahan gelembung-gelembung gas lebih dari beberapa menit.

Jenis-Jenis Baking Powder

Baking Powder

Secara umum, baking powder dibedakan menjadi dua jenis, yaitu single acting dan double acting.

a. Baking Powder Single Acting.

Jika menggunakan baking powder single acting, Anda harus segera memanggang atau mengukus adonan setelah semua bahan dicampur. Sebab yang baking powder single acting ini akan diaktifkan oleh cairan dan langsung bereaksi membentuk gas bila bertemu dengan adonan.

b. Baking Powder Double acting.

Sedangkan baking powder double acting akan teraktivasi dua kali, yaitu pada saat proses pencampuran adonan dan pada saat dipanggang. Atau baking powder jenis ini bisa bertahan selama beberapa saat ketika menunggu waktu dipanggang atau dikukus. Untuk itu, jika anda berencana membuat cake atau kue dalam jumlah banyak, disarankan menggunakan baking powder double acting ini. Sehingga kue yang anda buat dapat tetap mengembang walaupun harus didiamkan terlebih dahulu ketika akan dikukus atau dioven.

Baca Juga:  Daftar Tarif MRT Jakarta Antar Stasiun Lengkap 2019

Perbedaan Baking Powder dan Baking Soda

Memang sedikit sulit untuk mebandingkan antara baking soda dan baking powder. Namanya hampir sama, bentuknya pun hampir mirip.

Baking soda dan baking powder adalah sama-sama memiliki fungsi sebagai bahan pengembang kue. Ketika bahan ini dicampurkan kedalam adonan dan kemudian dipanaskan dalam oven, bahan pengembang ini akan bereaksi dengan adonan dan menghasilkan karbondioksida sehingga membuat adonan dapat mengembang.

Lalu apa perbedaan antara baking soda dan baking powder?

Perbedaan antara baking soda dan baking powder yaitu terletak pada bahan pembuatnya. Baking soda hanya dibuat dari zat sodium bicarbonate saja, sedangkan baking powder dibuat dari sodium bicarbonate dan dicampur dengan bahan asam serta bahan lainnya.

Karena hanya mengandung sodium bicarbonate saja, maka baking soda hanya akan bereaksi dan membuat kue mengembang jika dicampur dengan bahan-bahan yang mengandung asam, seperti telur, cokelat, yoghurt, madu, cuka, dan bahan lainnya.

Setelah semua bahan tercampur, reaksi mengembang akan terjadi saat itu juga. Agar mengembangnya lebih sempurna, adonan yang sudah mengembang harus segera dimasukkan ke dalam oven.

Sementara itu, baking powder yang sudah mengandung zat asam tak perlu lagi dicampur dengan bahan lain untuk membuatnya bereaksi. Ketika baking powder tercampur dengan bahan cair, adonan akan langsung mengembang.

Untuk menggunakan kedua bahan ini, tentunya Anda harus memperhatikan kue yang ingin dibuat. Jika Anda ingin membuat kue tanpa telur, Anda dapat menggunakan baking powder sebagai bahan pengembangnya, Namun jika adonan kue Anda memakai telur, Anda dapat menggunakan baking soda.

Fungsi dan Kegunaan Baking Powder

Penggunaan baking powder dapat membantu Anda membuat kue yang bisa mengembang sempurna dengan tekstur yang halus dan lembut. Dengan kata lain, baking powder bisa berfungsi sebagai pengembang kue. Tapi bukan berarti Anda dapat dengan bebas menggunakan baking powder sebanyak yang diinginkan. Sebab jika kue terlalu mengembang, teksturnya bisa rusak. Saran penggunaan yang idelal adalah 1/4 sdt baking powder untuk 250 gram tepung terigu.

Baca Juga:  Apa Itu Bread Improver : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Kegunaanya

Fungsi dari baking powder dapat disebutkan sebagai berikut:

  • Untuk meng-“aerasi” adonan sehingga menjadi ringan dan berpori
  • Membuat kue kering lebih renyah dan halus teksturnya

Baking powder perlu disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Tidak di tempat yang hangat atau panas. Kalau sudah lebih dari enam bulan sejak kemasan baking powder dibuka, baking powder sebaiknya tak digunakan lagi karena fungsinya sudah berkurang. Satu lagi hal penting yang perlu diketahui soal baking powder adalah penggunaannya. Sebaiknya, baking powder dicampur terlebih dahulu dengan tepung terigu dan bahan kering lainnya sebelum kemudian ditambah dengan bahan cairan lain. Jadi baking powder jangan langsung dilarutkan dengan bahan cairan, tapi dengan bahan-bahan kering yang lain dulu.

Kandungan Dan Manfaat Baking Powder

Dalam proses membuat kue atau roti, baking powder merupakan bahan pengembang kimia yang mengandung soda kue (Sodium Bikarbonat) yang sudah dicampur dengan asam (cream of tartar) dan bahan pengering (pati). Baking powder akan bekerja dengan membentuk karbondioksida pada adonan untuk membantu proses mengembangnya kue.

Selain baking powder biasa dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengembangkan kue. Ternyata masih banyak sederet manfaat dari baking powder untuk keperluan umum.

Beberapa manfaat baking soda selain untuk makanan:

1. Untuk membersihkan buah dan kerak pada alat masak. Baking powder ampuh digunakan untuk membersihkan berbagai produk mulai untuk mencuci buah serta sayuran, membersihkan kerak pada alat masak hingga membersihkan kotoran yang menempel di permukaan loyang atau alat masak lainya.

2. Untuk menghilangkan bau bawang dari tangan. Bawang merah, bawang putih atau bawang bombai memiliki aroma yang khas yang akan membuat tangan bau ketika Anda usai memotong atau mencincangnya. Untuk menghilangkan bau tak sedap ini Anda bisa memanfaatkan larutan baking powder dan air.

Baca Juga:  Daftar Harga Jogja Scrummy dan Varian Rasanya

3. Membersihkan noda teko kopi atau teh. Menghilangkan noda bekas kopi pada teko cukup mudah, Anda dapat menggunakan larutan cuka dan baking powder untuk membersihkan bekas noda yang menempel pada teko.

Tinggalkan Komentar Dibawah