Apa Itu Bread Improver : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Kegunaanya

Daftar Isi

Pengertian Bread Improver

Bread improver adalah salah satu bahan tambahan yang dapat membantu mempercepat proses pengembangan adonan roti dengan memproduksi gas dan meningkatkan kekuatan gluten dalam menahan proses pengembangan tersebut. Bentuk dari bread improver adalah berbentuk serbuk dengan warna cokelat muda. Bahan kue ini bisa di beli di toko yang menjual aneka bahan kue.

bread improver
Bread Improver

Dipasaran bahan roti ini lebih dikenal dengan sebutan Unipan atau Baker Bonus. Ada banyak sekali merek dagang bread improver seperti Eka-300, Unipan, Lowan, V9, Baker’s Bonus dan Bakerine Plus. Produk pengembang roti ini aman digunakan. Tidak akan membuat roti mengandung bahan kimia yang berbahaya. Bahkan sudah banyak yang memiliki sertifikat halal dari MUI. Jadi aman untuk dikonsumsi. Tidak akan membahayakan atau memberikan efek buruk untuk kesehatan. Bahan tambahan ini hanya untuk mengembangkan. Bukan pengawet yang berbahaya bagi tubuh.

Fungsi Bread Improver

Fungsi bread improver bisa dikatakan sebagai bahan pengempuk atau bahan pelembut & penghalus serat roti, disamping itu menambah volume roti. Pengunaan bread improver tidak banyak, biasanya antara 0,02 % sampai dengan 0,05 % dari tepung terigu yang digunakan, tepatnya dapat dilihat pada aturan pakai produk bread improver yang anda pergunakan.

Fungsi bread improver dapat disebutkan sebagai berikut:

  • Dapat berfungsi untuk membantu yeast dalam hal produksi gas sehingga menjadi lebih mengembang.
  • Dapat berfungsi untuk membantu gluten menahan kerangka roti yang mengembang.
  • Dapat berfungsi untuk meningkatkan kualitas roti baik dari segi volume maupun tekstur roti itu sendiri.

Manfaat Bread Improver

Bread improver dapat dimanfaatkan sebagai bahan tambahan roti yang ditambahkan dengan tujuan agar hasil roti lebih empuk, teksturnya lebih lembut, fermentasi berjalan lebih cepat dan roti memiliki serat yang halus.

Baca Juga:  The Harvest Cake Jogja, Variasi Menu dan Daftar Harganya

Di dalam bread improver terdapat penguat gluten (Ascorbic acid), pelunak gluten (Sodium metabisulfit), makanan ragi (amonium klorida), enzim (Alfa amylase), dan emulsifier (surfactant atau lecitchin). Saran penggunaanya adalah dengan perbandingan sekitar 1 sendok teh Bread Improver untuk 500 g tepung terigu.

Kegunaan Bread Improver

Bread improver sangat umum digunakan dalam industri makanan untuk mempercepat proses pembuatan roti, namun bagi pelaku usaha bakery skala kecil ada juga yang memilih untuk tidak menggunakannya dan lebih memilih fermipan sebagai bahan pengembang karena justru lamanya proses fermentasi dipercaya mampu meningkatkan cita rasa roti yang dihasilkan.

Tinggalkan Komentar Dibawah