10 Resep Puding Coklat yang Enak dan Mudah, Ada yang Pakai Telur Juga Lho!

Resep Puding Coklat. Buat anda penggemar coklat, aneka resep puding cokelat ini bisa anda jadikan pilihan variasi dessert coklat yang lezat dirumah! Sajian lezat dan segar yang terbuat dari jelly ini selain enak juga bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik lho!

Cara membuatnya sangat praktis dan sederhana dengan rasa yang istimewa. Apalagi jika puding tersebut dibuat dari susu dan cokelat yang manis dan meleleh di mulut. Hemm, Rasanya tambah Yummy banget! Cocok disantap dalam berbagai suasana, puding bisa dinikmati saat panas, setelah makan, bahkan saat di perjalanan.

Nah, ngomongin soal resep aneka puding cokelat, kali ini iniresep.com akan bagikan beberapa varian resep puding cokelat yang dibikin dengan bahan sederhana namun gampang banget dibuatnya dan bahannya praktis banget. Seperti apa resepnya? Yuk simak ulasan lengkap dibawah ini!

1. Resep Puding Cokelat Vla Original

Resep Puding Coklat Original Enak dan Gambarnya
via instagram.com/dapur_ekspresi

Pilihan pertama yang bisa adan buat adalah puding coklat vla original. Lembutnya puding coklat dengan siraman saus vanila membuat sensasi rasa makin nikmat dan lezat. Tak sulit untuk membuatnya, anda bisa menggunakan agar-agar original ataupun agar-agar cokelat. Tinggal variasikan sesuai selera.

Bahan Puding Cokelat Vla Original:

  • 1 bungkus agar-agar cokelat
  • 1.100 ml susu cair
  • 100 gram dark chocolate leleh
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdt pasta black forest

Bahan vla:

  • 250 ml susu cair
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdt vanila cair
  • Tepung maizena secukupnya

Cara Membuat Puding Cokelat Vla Original:

  1. Campur agar-agar, gula, dan susu. Aduk hingga rata.
  2. Panaskan hingga mendidih sambil diaduk. Gunakan api sedang. Matikan kompor jika sudah matang.
  3. Tambahkan dark chocolate dan pasta black forest, lalu aduk merata.
  4. Tuang ke dalam wadah sebanyak 3/4, diamkan.
  5. Sambil menunggu puding, masak vla. Masukkan susu, gula pasir, dan larutan maizena. Aduk hingga rata dan mendidih.
  6. Siramkan vla di atas puding yang telah mengeras.
  7. Siap saji deh! Oh iya biar lebih enak, masukkan ke dalam kulkas dulu ya.

Baca juga: Resep Cara Membuat Puding Ubi Ungu Bunga Mawar yang Cantik

2. Resep Puding Puyo Lava Coklat

Resep Cara Membuat Puding Puyo Lava Coklat
via instagram.com/dapur_ciek

Kelihatannya sih kayak puding cokelat biasa, tapi Puding Puyo Lava Cokelat ini terkenal dengan kelembutannya soft banget! Saking lembutnya untuk menikmati silky puding puyo lava coklat ini terkadang harus menggunakan bantuan sedotan. Makanya, orang-orang sering menamai puding ini dengan nama yang unik, yaitu pudot alias puding sedot. Teksturnya sangat lembut, membelah lidah dan pudot. Apa lagi ditambah penggunaan tepung maizena di dalam adonannya, makin lumer di mulut deh.

Bahan-bahan Puding Puyo Lava Coklat:

  • 1 bungkus jelly rasa cokelat
  • 1 sdm tepung maizena
  • 100 gr gula pasir
  • 1 liter susu cair
  • 1 bungkus vla instan, larutkan dengan air 250 ml
Baca Juga:  Resep Cara Membuat Sponge Cake Coklat yang Enak, Lembut dan Mudah

Cara Membuat Puding Puyo Lava Coklat:

  1. Siapkan wadah panci, campurkan jelly rasa coklat dan maizena, aduk hingga rata.
  2. Tuangkan susu cair, aduk kembali sampai tidak ada adonan yang menggumpal. Baru kemudian masukkan gula pasir.
  3. Masak adonan puding diatas dengan api yang sedang, aduk terus agar susunya tidak pecah dan mendidih. Angkat dan tunggu agak dingin.
  4. Tuangkan adonan ke dalam gelas puding ukuran kecil, kemudian masukan ke dalam freezer hingga berselaput, tuangkan vla di atasnya, lalu masukkan kembali hingga puding mengeras.

3. Resep Puding Coklat Strawberry

Cara Membuat Puding Coklat Strawberry
Puding Coklat Strawberry via mustikasari

Ini adalah resep Puding Coklat Stroberi yang gampang banget dibuat. Biar tetap ada asupan buahnya, puding cokelat bisa anda kreasikan dengan segarnya buah stroberi. Perpaduan antara puding coklat yang lembut dengan buah yang segar membuat sensasi rasa makin menyegarkan.

Bahan-bahan Puding Coklat Strawberry:

  • 100 gr stroberi, blender
  • 1 bungkus agar-agar tanpa rasa
  • 25 gr cokelat bubuk
  • 75 gram cokelat blok, cincang halus
  • 1/2 kaleng susu kental manis putih
  • 750 ml air
  • 75 gr gula pasir
  • 1/2 sdt vanili bubuk

Cara Membuat Puding Coklat Strawberry:

  1. Panaskan 250 ml air, lalu masukkan cokelat bubuk. Aduk rata hingga larut dan tercampur rata.
  2. Masukan cokelat blok ke dalam adonan cokelat. Aduk hingga meleleh dan tercampur rata. Angkat, sisihkan.
  3. Masukan sisa air ke dalam panci lalu masukan agar-agar, gula pasir dan vanili. Aduk rata hingga larut dan tercampur.
  4. Bagi adonan puding menjadi dua. Masukan campuran cokelat ke dalam salah satu adonan lalu aduk rata hingga adonan tercampur.
  5. Masukan stroberi yang sudah diblender halus ke dalam adonan lainnya lalu aduk. Kemudian masak kedua adonan tersebut dengan api kecil hingga mendidih. Angkat lalu aduk hingga uap panasnya menghilang.
  6. Tuang adonan kedalam gelas puding. Dinginkan lalu masukan ke dalam kulkas hingga membeku. Hias dengan potongan buah stroberi di atasnya.

4. Resep Puding Cokelat Biskuit

Resep Cara Membuat Puding Coklat Biskuit
Via instagram.com/qwink72

Puding biskuit ini sudah cukup familiar bagi para pecinta dessert, puding ini bertekstur lembut dan nikmat. Ada banyak macam varian resep puding biskuit yang sering dibuat, seperti puding biskuit krispy, puding kentang biskuit, puding biskuit oreo, puding biskuit roma, puding biskuit buah, puding biskuit coklat, puding biskuit strabery dan masih banyak varian puding lainya. Buat anda yang ingin membuat punding coklat biskuit seperti ini, caranya gampang banget. Yuk lihat resepnya!

Bahan-Bahan Puding Cokelat Biskuit:

  • 1 bungkus agar-agar cokelat
  • 1 bungkus jeli instan cokelat
  • 1 bungkus biskuit varian apa saja, sesuaikan dengan seleramu
  • 8 sendok makan gula pasir atau bisa disesuaikan dengan selera
  • 5 sendok makan susu bubuk cokelat
  • Air secukupnya

Cara Membuat Puding Cokelat Biskuit:

  1. Campur jeli instan, agar-agar, gula pasir, susu cokelat, dan air. Panaskan dan aduk merata.
  2. Kalau sudah matang, tempatkan di atas loyang atau cetakan puding. Tuang lapisan puding tipis-tipis, lalu letakkan biskuit kesukaanmu. Diamkan sebentar. Jika sudah set, ulangi langkah yang sama. Terus lakukan hingga penuh.
  3. Dinginkan di kulkas hingga mengeras.
  4. Puding cokelat biskuit siap disantap.
Baca Juga:  Resep Bubur Sumsum Nangka, Sajian Lezat Menu Buka Puasa!

5. Resep Puding Cokelat Roti Tawar

Resep Cara Membuat Puding Coklat Roti Tawar
Via instagram.com/lusialove08

Selain pakai biskuit, puding dengan varian roti tawar juga enak banget lho. Kalau pudding yang ini teksturnya padat dan bikin kenyang. Pun bisa dibentuk dengan cetakan-cetakan yang lucu. Nah, daripada penasaran langsung dicaba ya..

Bahan-Bahan Puding Cokelat Roti Tawar:

  • 6 lembar roti tawar, buang kulitnya
  • 1 liter susu
  • 400 ml air
  • 2 bungkus agar-agar tanpa rasa
  • 225 gram gula pasir
  • 100 gram cokelat batang yang dilelehkan
  • 1 sdt pasta cokelat

Cara Membuat Puding Cokelat Roti Tawar:

  1. Potong kecil-kecil roti tawar kemudian haluskan dengan sebagian susu menggunakan blender sampai lembut.
  2. Campurkan agar-agar, dengan gula pasir di dalam panci, tuangkan air dan sisa susu lalu aduk sampai rata. Kemudian tuangkan campuran roti tawar dan susu tadi ke dalamnya, masak di atas api sedang sambil diaduk terus.
  3. Tuangkan cokelat leleh, lalu masak kembali sampai mendidih dan mengental.
  4. Angkat dan biarkan hingga uap panasnya menghilang. Kemudian campurkan pasta coklat, aduk sampai rata.
  5. Tuangkan adonan ke dalam cetakan lalu dinginkan di dalam kulkas.

Baca juga: Resep Chocochips Bread Pudding, Olahan Roti Tawar yang Disulap Menjadi Pudding Lezat

6. Resep Matcha Silky Pudding

Resep Matcha Silky Pudding
Via japancentre.com

Anda yang suka matcha, bisa juga kok memadukan puding cokelat dengan puding yang telah diberi bubuk matcha. Kali ini dari resep yang berbeda saya membuat versi matcha alias green tea. Untuk penggemar matcha, resep satu ini wajib banget deh di coba. Selain simple, ternyata matcha silky pudding tuh enaak banget.

Bahan-Bahan Matcha Silky Pudding:

  • 2 bungkus agar-agar rasa ori dan cokelat
  • 1400 ml susu cair
  • Gula sesuai selera
  • 2 butir telur
  • 4 sdm bubuk matcha

Cara Membuat Matcha Silky Pudding:

  1. Untuk bagian puding cokelat, rebus susu 700 ml bersama agar-agar cokelat, tambahkan gula sesuai selera. Sebelum mendidih masukan telur. Masak hingga mendidih.
  2. Ulang dengan sama untuk lapisan kedua. Masukan bubuk matcha bersamaan dengan agar-agar original. Setelah matang tuangkan di dalam wadah, setelah mengeras, baru tuangkan puding yang cokelat, lalu tuang lagi yang matcha.
  3. Setelah uap panasnya hilang, masukkan ke dalam lemari es.

7. Resep Pudding Biskuit Oreo

Resep Puding Coklat Biskuit Oreo
Via stylingmyeveryday.com

Ada lagi resep puding biskuit yang enak, yaitu Pudding Biskuit Oreo. Gurihnya biskuit oreo pun bisa dinikmati bersama puding cokelat yang lezat. Tapi, kamu perlu sedikit effort untuk penyajiannya ya. Seperti ini cara buatnya!

Bahan Pudding Biskuit Oreo:

  • 100 ml susu kental manis
  • 700 ml air
  • 1 bungkus agar-agar warna putih
  • 4 sdm gula pasir
  • 1 butir telur ayam, ambil kuningnya saja
  • Biskuit cokelat oreo secukupnya

Bahan untuk puding jelly:

  • 1 bungkus agar-agar warna cokelat
  • 4 sdm gula pasir
  • 700 ml air matang

Cara Membuat Pudding Biskuit Oreo:

  1. Masukkan semua bahan puding biskuit cokelat oreo kecuali kuning telur dan oreo, aduk rata.
  2. Kocok kuning telur dan masukkan ke dalam adonan agar-agar tadi dan aduk lagi sampai rata.
  3. Didihkan sambil diaduk beberapa saat dan matikan api.
  4. Remukan biskuit cokelat oreo dan masukkan ke wadah cetakan sesuai selera.
  5. Tuangkan adonan puding kedalam wadah cetakan puding yang sudah diberi remukan biskuit oreo.
  6. Untuk lapisan puding cokelatnya, campurkan semua bahan lapisan lalu masak sampai matang atau mendidih.
  7. Angkat dan tuang di atas lapisan sebelumnya tadi, ulangi cara kedua di atas lalu masukkan ke freezer agar dingin.
Baca Juga:  Resep Cara Membuat Puding Coklat Lumer yang Enak, Lembut dan Sederhana

8. Resep Puding Kurma Cokelat

Resep Puding Kurma Cokelat
Via instagram.com/angiecakedenpasar

Kalau punya stok kurma dirumah nggak ada salahnya jika dibuat puding, rasanya enak dan soft banget lho. Penasaran kan? Coba deh bikin rirumah, ini resepnya.

Bahan-Bahan Puding Kurma Cokelat:

  • 15 gr nutrijell cokelat /nutrijell plain
  • 800 ml susu cair plain (atau air + 2 sachet susu dancow @27 gr)
  • 2 sdt cokelat bubuk (skip jika pakai susu uht cokelat)
  • 80 gr kurma
  • 4 sdm madu
  • Garam sejumput

Cara Membuat Puding Kurma Cokelat:

  1. Campur bubuk nutrijell dan cokelat bubuk.
  2. Buang biji kurma kemudian iris kecil-kecil. Blend susu cair dan kurma.
  3. Tuang dicampuran nutrijell dan susu bubuk. Tambahkan madu. Aduk hingga tercampur rata.
  4. Kemudian masak hingga mendidih sambil diaduk-aduk.
  5. Tuang adonan kedalam cetakan puding. Tunggu puding mengeras.
  6. Berikan vla dan toping suka-suka. Saya pakai krimer kental manis dan irisan kurma.
  7. Simpan dalam frezeer.

9. Resep Puding Coklat Susu

Resep Puding Coklat Susu
Via Selerasa

Menurut saya ini yang paling simpel bikinya, walaupun simpel rasanya enak dan gak bikin bosen. Cocok untuk makanan penutup yang praktis dirumah.

Bahan-bahan Puding Coklat Susu:

  • 400 gr susu kental manis coklat
  • 2 sachet nutrijell coklat (@20 gr)
  • 20 gr coklat bubuk
  • 100 gr DCC
  • 800 ml air
  • 2 kuning telur

Cara Membuat Puding Coklat Susu:

  1. Siapkan panci kecil, masukkan susu kental manis, tambahkan nutrijell coklat, coklat bubuk, dan DCC yang sudah di cincang. Kemudian tambahkan air, aduk rata.
  2. Masukkan kuning telur, aduk lagi hingga benar-benar rata.
  3. Nyalakan api kompor kecil saja, aduk-aduk terus hingga adonan puding mendidih. Kemudian tuang kedalam cetakan puding.
  4. Biarkan hangat, lalu masukkan kulkas agar set & dingin.
  5. Puding siap disajikan.

10. Resep Puding Coklat Chocolatos

Resep Puding Coklat Chocolatos
Via id.carousell.com

Ini juga tidak kalah mudahnya dengan puding susu diatas, cara bikinya sangat sederhana namun hasilnya enak dan tidak mengecewakan. Recomended banget untuk dicoba dirumah Puding coklat chocolatosnya.

Bahan-Bahan Puding Coklat Chocolatos:

  • 40 gr nutrijel (2 bks)
  • 150 gr gula pasir
  • 1 bks chocolatos
  • 800 ml air bersih

Cara Membuat Puding Coklat Chocolatos:

  1. Siapkan panci, masukkan semua bahan menjadi satu. Aduk rata.
  2. Selanjutnya masak dengan api sedang sampai mendidih sambil di aduk-aduk.
  3. Setelah adonan puding mendidih, kemudian angkat dan tuang kedalam di wadah/cetakan puding.
  4. Diamkan sampai dingin lalu masukkan kedalam kulkas.

Itulah beberapa langkah cara membuat puding coklat yang mudah dan enak untuk camilan sore-sore. Gimana, mudah bukan? Gih, buruan beli bahan-bahannya sekarang! Mau coba bikin resep puding coklat yang mana dulu nih?

Tinggalkan Komentar Dibawah