Abon Sapi

Abon Sapi

Apa itu abon sapi?

Abon sapi merupakan salah satu bahan makanan yang dibuat dari bahan serat daging sapi yang sudah dikeringkan, kadar air yang dimiliki abon nyaris 0%. Abon ini memiliki ciri-ciri tekstur yang lembut dan halus. Jika dilihat secara kasat mata, umumnya memiliki corak warna cokelat terang hingga kehitam-hitaman.

Tampilan abon daging sapi terlihat seperti serat-serat kapas, ini karena abon sapi lebih didominasi oleh serat-serat otot kering yang sudah ditumbuk. Abon jika disimpan dalam wadah yang kedap udara biasanya akan awet dan mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama, bisa berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan lamanya.

Selain dibuat dari bahan dasar daging sapi, sebenarnya abon juga bisa dibuat dari daging kambing, daging kuda, dan juga daging ayam. Namun sekarang ini banyak variasi abon yang dijual dipasaran yang dibuat dari bahan dasar seafood seperti abon ikan tuna, abon ikan lele, abon ikan tongkol, abon belut, abon kepiting dan juga abon udang.

Bagaimana Cara Membuat Abon Sapi?

Membuat abon memerlukan proses yang lumayan lama jika dilakukan dengan cara tradisional. Untuk hasil yang baik biasanya membutuhkan waktu hingga beberapa hari, karena harus menjemur daging terlebih dahulu bawah terik matahari sampai kering baru kemudian diproses hingga menjadi serat-serat yang lembut. Namun jika ingin proses menjadi lebih cepat, Anda bisa menggunakan oven untuk mengeringkan daging.

Cara Membuat Abon Sapi

Langkah pertama adalah daging sapi dipotong-potong kemudian dibumbui dengan garam, penyedap dan kecap manis. Rebus dan dididihkan air, masukkan daging sapi dan masak hingga daging benar-benar empuk dan lembut, sehingga serat-serat mudah lepas, lumat dan mudah untuk disuwir-suwir.

Keringkan daging dengan cara dijemur bawah terik matahari selama 2 hari atau anda bisa melakukan dengan cara pengeringan menggunakan oven agar lebih cepat kering.

Setelah daging abon sudah kering, langkah selanjutnya daging kering disangrai di atas penggorengan besar sambil ditumbuk-tumbuk. Tambahkan bumbu-bumbu penambah rasa, seperti gula jawa, micin, sedikit kecap, pemberi rasa pedas dan bawang goreng. Tumbuk dan terus diaduk hingga abon benar-benar kering dan serat-seratnya menjadi halus.

Apa Kegunaan Abon?

Abon biasanya digunakan untuk isian lemper, untuk bahan makanan, bisa juga dipakai sebagai lauk taburan di atas nasi atau untuk olahan kue lainya.

Apa Itu Abon Sapi?
Bantu kami menilai (5=Sangat Bermanfaat)

Tinggalkan Komentar Dibawah