8 Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa

Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa – Tak terasa, hari ini merupakan hari ketiga bulan ramadhan 2019. Seperti yang kita tahu, puasa ramadhan adalah ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh setiap muslim yang sudah memenuhi syarat dan ketentuanya.

Allah berfirman yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” (QS. Al Baqarah: 183)

Selain wajib menjalankan puasa, kita sebagai umat muslim juga dituntut untuk selalu menjaga diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Ada beberapa hal yang bisa membatalkan puasa. Hal tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

8 Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa

Ramadhan 1440 H - Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa
Ramadhan 1440 H

1. Memasukkan sesuatu ke lubang berpangkal secara sengaja

Sampainya sesuatu ke lubang tubuh dengan sengaja. Maksudnya adalah puasa seseorang akan batal ketika ada benda yang masuk ke salah satu lubang yang berpangkal pada organ tubuh seperti mulut, telinga, hidung. Masuknya benda itu seperti makan dan minum secara disengaja dan sudah sampai di tenggorokan bahkan perut. Namun, jika masuknya benda seperti makan dan minum ini dilakukan karena lupa, puasa yang dijalankan tetap dikatakan sah atau dimaafkan.

2. Mengobati dengan memasukkan sesuatu melalui dua lubang tubuh

Mengobati organ tubuh dengan memasukkan benda pada salah satu dari dua jalan (qubul dan dubur). Misalnya pengobatan pada penderita ambeien atau memasukkan obat untuk melancarkan buang air besar lewat lubang dubur.

Baca Juga:  Resep Tumis Buncis Jagung Saus Teriyaki, Sajian Spesial Untuk Sahur!

3. Muntah yang disengaja

Muntah secara disengaja. Ini juga merupakan hal yang bisa membatalkan puasa. Namun jika muntah secara tiba-tiba dan tidak disengaja dan muntahan tersebut tidak sedikit pun tertelan kembali, puasa dianggap tetap sah.

4. Melakukan Hubungan intim disiang hari

Melakukan hubungan intim selama puasa juga membatalkan puasa. Bahkan, untuk kasus ini ada denda (kafarat) khusus bagi pelakunya. Denda tersebut selain puasa batal juga diwajibkan mengganti puasa dengan membebaskan budak, mengganti puasa selama dua bulan berturut-turut atau memberi makan 60 fakir miskin.

5. Keluarnya air mani

Keluarnya air mani (sperma) akibat kesengajaan seperti bersentuhan kulit, melakukan onani atau bersentuhan dengan lawan jenis bahkan membayangkan hubungan intim akan membatalkan puasa. Tapi jika air mani keluar karena mimpi basah, maka puasa masih sah.

6. Datangnya haid atau nifas pada perempuan

Perempuan yang mengalami haid atau nifas saat berpuasa juga dikatakan batal puasanya.

7. Gila atau hilang ingatan

Gila (junun) saat berpuasa juga akan membatalkan ibadah puasa. Selain gila, mabuk atau hilang kesadaran karena disengaja juga bisa membatalkan puasa.

8. Murtad saat berpuasa

Hal ke delapan yang membatalkan puasa adalah murtad saat berpuasa. Murtad sendiri adalah keluarnya seseorang dari agama Islam.

Itulah beberapa hal yang dapat membatalkan puasa yang kami susun dari beberapa sumber. Semoga kita dapat menghindari hal-hal yang menyebabkan puasa kita batal dan
selalu istiqomah dalam beribadah untuk memperbanyak amalan-amalan di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.

Tinggalkan Komentar Dibawah