5 Bahan Makanan Yang Aman Jika Dimasukkan Kedalam Freezer

IniResep.Com | Artikel – Membeli bahan makanan jika tidak diperhatikan dengan benar akan membuat mereka cepat rusak. Tentu saja tidak ingin membuang makanan, uang, hingga tenaga, karena kurang teliti dalam menyimpannya. Memang ada beberapa bahan makanan yang harus disimpan di suhu ruang atau di kulkas. Dalam kulkas pun ada beragam aturan penyimpanan yang benar.

Bicara soal kulkas, tentu ada bagian khusus untuk membekukan, yaitu Freezer. Tempat khusus ini biasanya diisi dengan makanan instan, es krim, es batu, bahkan sumber protein hewani. Tentu saja ada juga bahan makanan lain yang boleh disimpan di bagian kulkas ini.

Berikut adalah 5 bahan makanan yang aman jika dimasukkan kedalam freezer:

Baca juga: 7 Resep Olahan Mie Korea Paling Lezat, Mulai Dari Jajangmyeon hingga Ramyeon

5 Bahan Makanan Yang Aman Jika Disimpan Kedalam Freezer

Sayuran segar

Gambar Sayuran Segar
Sayuran Segar | Pixabay.com/sansoja

Pasti anda pernah menjumpai sayuran beku yang dijual di toko swalayan. Dari sini anda bisa belajar, jika ada beberapa sayuran tahan apabila disimpan dalam keadaan beku. Tips ini bisa anda lakukan di rumah. Simpan beberapa pilihan sayur ke dalam wadah yang tahan di suhu dingin. Potong kecil-kecil dahulu sebelum dimasukkan dalam freezer. Kalau masih bingung sayuran apa, wortel, jagung, brokoli, dan kacang polong bisa menjadi pilihan. Tips ini sangat berguna jika anda ingin menghemat waktu dan harus memasak.

Kacang-kacangan

Gambar Kacang-Kacangan
Kacang-Kacangan | Pixels.com/Marta Branco

Menyimpan kacang-kacangan di lemari makanan bisa membuat mereka berjamur dan berbau kurang sedap, sehingga tidak layak lagi untuk dimakan. Jika disimpan di tempat yang cukup lembab, akan muncul cambah atau tunas-tunas. Kalau sudah seperti ini, mau tidak mau anda harus membuangnya. Sayang sekali bukan? Supaya kacang-kacangan lebih tahan lama, tidak ada salahnya anda masukkan kedalam lemari es. Di sana, kacang-kacangan bisa bertahan hingga 6 bulan.

Adonan kue kering

Gambar Adonan Roti
Adonan Roti | Pixabay.com/ Skitterphoto

Tersedianya makanan kecil dan manis di rumah membuat anda nyaman untuk melakukan aktivitas rumahan. Tetapi, terlalu sering membeli juga tidak baik. Ada baiknya untuk membuat sendiri. Bukan masalah membuat adonan kue kering dengan porsi yang agak besar, sisanya bisa anda simpan di dalam lemari es. Caranya, bungkus sisa adonan ke dalam plastik. Untuk ukuran, bisa anda takar sesuai ukuran. Bisa dipipihkan atau dibiarkan bulat.

Ragi

Gambar Ragi
Ragi Kue | firstcry.com

Bahan makanan ini mudah sekali aktif jika terkena panas. Kalau sudah terkontaminasi dengan panas, maka ia tidak akan berfungsi secara maksimal kalau digunakan. Apalagi kalau kemasan sudah terbuka dan anda menggunakan hanya sedikit. Menyimpannya dengan rapat pun belum cukup. Agar tidak terbuang sia-sia, ada baiknya anda simpan di lemari es. Di sana, ragi tidak akan aktif dengan cepat. Sehingga kalau anda ingin membuat roti, ragi masih dalam keadaan bagus. (Baca juga: Apa Itu Bread Improver : Pengertian, Fungsi, Manfaat dan Kegunaanya)

Herbs atau Bumbu Rempah-Rempah

Gambar Bumbu Rempah-Rempah
Rempah-Rempah | Pixabay.com/monicore

anda bisa menaruhnya di tempat es batu agar terlihat lebih rapi. Jangan ragu untuk menambahkan mentega atau minyak zaitun, lalu berikan potongan rosemary atau bawang putih cincang. Tips ini akan membantu anda menghemat waktu kalau ingin memasak. Berikan nama tanaman herbal dan bahan tambahannya supaya anda tidak kebingungan. Ada baiknya untuk memisahkan wadah antara untuk membuat es batu untuk minuman dan bahan makanan herbal.

Walaupun masa penyimpanan bahan makanan tersebut lama, ada baiknya segera anda habiskan dan hindari untuk dibiarkan menumpuk didalam kulkas.

Sumber artikel: Popbela

Tinggalkan Komentar Dibawah