10 Resep Cara Membuat Nastar Keju Istimewa Untuk Lebaran

Aneka Resep Kue Nastar – Kue kering nastar ini biasanya menjadi salah satu hidangan camilan wajib saat Lebaran. Nastar biasanya dihidangkan pada hari-hari raya besar, seperti hari raya Natal, Idul Fitri, sampai tahun baru Imlek.

Sama seperti kue kering kastengel keju, kue nastar ini juga enak dan nikmat untuk dijadikan sebagai camilan harian dirumah. Rasa gurih dengan tektur yang lembut ditambah perpaduan rasa manis dan asam dari selai nanas membuatnya kudapan ini semakin istimewa.

Nastar dan kastengel biasanya banyak dijual dalam bentuk kemasan toples plastik di toko roti, toko kue, dan pasar swalayan. Bentuknya pun kini sudah beragam, mulai dari yang klasik hingga yang unik pun ada. Berbagai resep nastar pun kini sudah sangat bervariasi.

Nah, jika biasanya Anda selalu membeli kue nastar, maka tahun ini tak ada salahnya untuk membuat sendiri kue nastar di rumah. Atau bahkan anda juga bisa berjualan kue nastar hasil buatan sendiri, kan lumayan buat nambah uang. Berikut ini 8 variasi resep nastar yang gurih, lembut dan renyah yang bisa anda coba.

1. Resep Nastar Keju Pulen, Enak, Renyah dan Sederhana

Resep dan Gambar Nastar Keju

Siapapun pasti suka kue nastar yang pulen, empuk dan lembut. Daripada harus beli kue nastar untuk isi toples dirumah, mending bikin sendiri saja. Cara buatnya sangat mudah kok, seperti ini caranya.

Bahan Kulit:

  • Tepung protein rendah 160 gram
  • Margarin 50 gram
  • Butter 75 gram
  • Kuning Telur 1 butir
  • Gula Halus 40 gram
  • Susu bubuk 25 gram
  • Maizena 25 gram
  • Keju Cheddar KRAFT 60 gram
  • Keju parut untuk taburan

Bahan olesan :

  • 1 kuning telur boleh dicampur sedikit madu atau minyak atau cookie glazing (pengkilap tambahan

Bahan Isian:

  • Selai nanas seperlunya

Cara Membuat Nastar Keju Yang Enak dan Pulen

  1. Mixer jadi satu butter, margarin, gula, dan telur secara bersamaan selama 2 menit menggunakan mixer.
  2. Masukkan campuran tepung, susu, dan maizena yang sudah diayak halus terlebih dahulu, lalu aduk menggunakan spatula hingga rata. Kemudian disusul keju parut.
  3. Ambil sejumput adonan nastar, lalu pipihkan isi dengan selai nanas.
  4. Kemudian panggang diatas oven dengan suhu 160’C selama 15 menit.
  5. Keluarkan dari oven, tunggu suhu ruang lalu olesi nastar dengan bahan polesan dan taburi keju dibagian atanya.
  6. Oven kembali hingga warna menjadi kecokelatan.

Baca juga: 8 Resep Kastengels Keju Yang Enak, Gurih dan Lembut Untuk Lebaran

2. Resep Nastar Keju NCC yang Enak dan Lembut

Resep dan Gambar Nastar Keju NCC

Resep nastar keju lainya yang bisa anda buat yaitu nastar keju NCC. Rasanya enak gurih dan juga renyah, pas untuk dijadikan cemilan harian dirumah sebagai pendamping secangkir teh atau kopi.

Bahan-Bahan :

  • Tepung kunci biru 700 gram.
  • Gula halus 100 gram.
  • Kuning telur 4 butir.
  • Susu bubuk 4 sendok makan.
  • Margarine 500 gram.
  • Keju ceddar 100 gram (parut).

Bahan Isian :

  • Selai nanas homemade

Bahan Olesan :

  • Kuning telur 4 butir.
  • Minyak goreng 1 sendok makan.
  • Susu kental manis 1 sendok teh.

Cara Membuat Nastar Keju NCC Yang Enak, Mudah dan Sederhana:

  1. Mixer jadi satu margarine, kuning telur dan juga gula halus. Mix menggunakan mixer dengan speed rendah sebentar saja asal tercampur rata.
  2. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk sedikit demi sedikit sampai adonan kalis dan adonan nastar bisa di bentuk. Aduk menggunakan spatula.
  3. Tambahkan keju parut, aduk kembali hingga rata.
  4. Setelah penbuatan adonan selesai, bentuk adonan sesuai selera.
  5. Tata nastar kedalam loyang yang sudah diolesi dengan margarine tipis.
  6. Panggang kue nastar menggunakan oven selama kurang lebih 30 menit, keluarkan lalu oles dengan olesan kuning telur dan taburi keju parut.
  7. Panggang lagi selama 15 menit atau sampai golden brown.

3. Resep Nastar Tulip Yang Gurih dan Lembut

Gambar Nastar Tulip

Kue nastar ini menjadi salah satu kue kering favorit yang selalu menghiasi meja tamu saat lebaran. Bentuknya cantik seperti bunga tulip, untuk tekstur nastar ini ngeprul banget dan soal rasa juga enak, gurih ada asem manis dari selai nanas, Yummy! Pengen coba? Ini resepnya.

Bahan-Bahan :

  • Butter 150 gram.
  • Margarin 100 gram.
  • Gula kastor 50 gram.
  • Kuning telur 2 buah.
  • Tepung terigu 330 gram.
  • Tepung maizena 20 gram.
  • Susu bubuk 20 gram.
  • Pasta pandan seperlunya.

Bahan olesan:

  • Kuning telur 1 buah.
  • Susu kental manis putih 1 sendok teh.
  • Minyak kanola 2 sendok makan.

Cara Membuat Nastar Tulip Yang Gurih dan Lembut:

  1. Siapkan mangkok masukkan butter dan margarin juga gula pasir, mixer sebentar saja asal rata lalu tambahkan kuning telur mixer kurang lebih 1 menit(jangan lama2 nanti nastar melebar saat di oven)
  2. Masukkan tepung terigu, susu bubuk dan maizena dengan cara di ayak langsung di atas adonan, aduk rata dengan spatula kayu
  3. Ambil adonan kira2 3 sdm beri pasta pandan. Sisihkan
  4. Ambil adonan tanpa warna secukupnya lalu gilas tipis dan cetak dengan cookie cutter
  5. Ambil satu buah adonan, beri isian lalu lipat bagian bawah ke arah tengah menyerupai kelopak bunga. Ambil sedikit adonan hijau, lalu pilin2 dan tempel di bagian kiri dan kanan bawah nastar bunga nya. Ambil sedikit adonan hijau lagi, pilin2 lalu tempel dibagian depan.
  6. Oven selama 30 menit suhu 140 derajad celcius.
  7. Angkat dan dinginkan
  8. Campur bahan olesan sampai rata, oles nastar 2 kali
  9. Oven kembali suhu 100 derajad celcius selama 15 menit atau sampai olesan matang, sajikan

4. Resep Kue Nastar Jumbo Gurih dan Renyah

Gambar Nastar Jumbo

Tekstur kue nastar jumbo ini crunchy banget, buat yang suka nastar crunchy resep ini pas banget untuk dicoba. Cocok dibuat untuk kudapan sore hari untuk teman ngeteh atau ngopi disaat santai.

Bahan Bahan :

Bahan Kulit :

  • Butter 125 gram.
  • Margarin 125 gram.
  • Gula halus 60 gram.
  • Kuning Telor 1 butir.
  • Tepung Kunci 275 gram.
  • Maizena 50 gram.
  • Susu Bubuk 60 gram.
  • Keju parut 75 gram.

Bahan Selai:

  • Nanas parut 400 gram.
  • Gula Pasir 100 gram.
  • Garam 1/8 sendok teh.
  • Cengkeh 2 butir.
  • Kayumanis 3 cm.

Cara Membuat Nastar Jumbo Gurih dan Renyah

Cara membuat selai :

  • Masak nanas hingga air meresap, masukkan gula pasir, garam, cengkeh dan kayu manis aduk hingga kering, angkat.

Cara membuat kulit nasatar:

  1. Kocok jadi satu butter, margarin, dan gula halus dengan mixer hingga warna menjadi pucat. Tambahkan kuning telur, kocok rata. Matikan mixer.
  2. Masukan tepung, dan susu, aduk menggunakan spatula hingga rata dan adonan siap untuk dibentuk.
  3. Bentuk adonan nastar, pipihkan adonan lalu isi dengan selai nanas. Bentuk menjadi oval, gunting-gunting bagian permukaannya, lalu coblos dengan cengkeh.
  4. Taruh adonan nastar yang sudah di bentuk kedalam loyang yang sudah dioles margarin/kertas anti lengket.
  5. Kemudian olesi kue nastar dengan kuning telur hingga rata.
  6. Panggang menggunakan oven dengan suhu 155’C selama kurang lebih 35-40 menit atau sesuaikan suhu oven masing-masing.

5. Resep Nastar Keju Terompet Unik, Enak, Lembut dan Gurih

Gambar Nastar Terompet

Variasi kue nastar keju nan cantik ini cocok banget dijadikan sebagai hantaran atau sajian buat tamu. Umumnya kue nastar berbentuk bulat dengan hiasan cengkih, namun nastar ini unik dan beda, berbentuk kerucut seperti terompet dan pada bagian selainya tidak tertutup, melainkan dibiarkan terbuka. Selain bentuknya yang unik, nastar ini juga gurih dengan balutan keju didalamnya. Sensasi gurihnya dapet banget! Cocok juga buat stok camilan dirumah atau buat kue lebaran nanti!

Bahan-Bahan:

  • Mentega/margarin 250 gram.
  • Gula castor / gula pasir berbutir halus 25 gram.
  • Kuning telur 3 butir.
  • Tepung terigu protein rendah atau sedang 350 gram.
  • Keju tua 200 gram (boleh keju edam, parmesan, gouda), diparut.
  • Garam halus ½ sendok teh.
  • Selai nanas siap pakai atau bikin sendiri.
  • Kuning telur 2 buah, nanti digunakan untuk mengoles.
  • Keju cheddar parut 50 gram, dipakai untuk hiasan.

Bahan Selai Nanas:

  • Nanas ukuran sedang 1 buah, parut atau blender.
  • Gula pasir 250 gram.
  • Kayu manis 3 cm.

Cara Membuat Nastar Keju Terompet yang Enak dan Gurih:

Membuat selai nanas:

  1. Masak nanas yang sudah diparut dan kayu manis dalam panci berdasar tebal dengan api kecil hingga nanas agak kering sambil sesekali diaduk.
  2. Masukkan gula pasir, aduk-aduk hingga menjadi selai yang kental. Angkat dan dinginkan.
  3. Setelah selai dingin baru siap digunakan.

Mambuat nastar bentuk terompet:

  1. Kocok mentega, gula dan keju hingga rata. Masukkan kuning telur kocok kembali hingga rata. Masukkan tepung terigu dan garam halus sambil diayak, sambil diaduk dengan menggunakan sendok kayu/spatula hingga rata. Aduk hingga kalis.
  2. Gilas adonan setebal 0,5 cm. Cetak berbentuk lingkaran diameter 5 cm.
  3. Isi dengan ½ sendok teh selai nanas, kemudian lipat menjadi setengah lingkaran. Lipat kembali sisi kiri dan kanan hingga menjadi bentuk bunga terompet.
  4. Atur berjarak dalam loyang yang telah dioles margarine. Oles permukaan kue dengan kuning telur, lalu tabur dengan keju parut.
  5. Panggang dalam oven bersuhu 150°C selama 20 – 25 menit atau sampai matang. Keluarkan dan dinginkan. Simpan di wadah kedap udara.

6. Resep Nastar Unik Jambu Mete Yang Enak, Gurih dan Renyah

Resep Nastar Jambu Mete dan Gambarnya

Nastar ini memiliki bentuk yang cantik dan unik banget seperti jambu mete, siapapun pasti suka melihatnya. Selain unik, tentu rasanya juga gurih dengan tekstur yang renyah ketika digigit. Cocok untuk stok snack dirumah atau bisa juga buat ide bikin kue kering untuk lebaran yang unik dan cantik.

Bahan-Bahan Nastar:

  • Tepung terigu 250-275 gram.
  • Mentega 100 gram.
  • Margarine 100 gram.
  • Kuning telur 2 buah.
  • Gula halus 50 gram.
  • Susu bubuk 25 gram.
  • Selai nastar bulat-bulatkan masing-masing sekitar 5 gram.
  • Kacang mete yang sudah dioven dan dibelah dua.

Bahan Olesan Nastar:

  • Kuning telur ayam 2 buah.

Cara Membuat Kue Nastar Bentuk Jambu Mete Gurih dan Enak:

  1. Kocok margarine, mentega, gula dan telur hingga tercampur rata ( tidak perlu sampai ngembang, karena nanti nastar jadinya melebar)
  2. Masukkan susu bubuk dan terigu ayak, aduk menggunakan sendok kayu atau spatula.
  3. Ambil adonan sekitar 12 gram, bulatkan, pipihkan hingga lebar, taruh selai bagian ditengah, bungkus dan bulatkan atau bentuk jambu mete.
  4. Panggang nastar jambu mete di suhu 130-140 selama 15 menit, keluarkan. Olesi dengan kuning telur, biarkan sebentar sekitar 5 menit. Boleh oles lagi, diamkan sebentar 5 menit baru masuk oven lagi sampai warna golden brown atau kuning dan mengkilap.

Tips Mengolesi Nastar:

  1. Gunakan telur ayam kampung atau telur bebek atau telur ayam omega sesuai selera. Kalo pake telur bebek lebih baik ditambah air 1/4 sendok teh karena telur bebek cenderung lebih kental.
  2. Panggang nastar dulu sekitar 15 menit.
  3. Keluarkan dan tunggu hangat.
  4. Oleskan kuning telur dengan kuas cat air (pake kuas yang lembut jangan dari karet).
  5. Tunggu sebentar sampai kuning telur agak kering.
  6. Panggang lagi.
  7. Jika ingin lebih cantik, keluarkan lagi tunggu hangat lalu oles untuk yang kedua kalinya. Diamkan dulu agar kuning telur kering mengkilap baru oven lagi soalnya kalo langsung dimasukkan dalam oven, nanti jadi beruntusan.

7. Resep Nastar Unik Bentuk Apel Yang Gurih, Lembut dan Renyah

Gambar Nastar Bentuk Apel

Seperti nastar jambu mete diatas, nastar ini bentuknya juga unik dan lucu mirip seperti buah apel. Cara bikinya cukup mudah, bahan-bahanya juga sama seperti nastar yang lain. Rasanya yang gurih dengan tekstur renyah membuat resep kue nastar apel unik ini layak untuk dicoba.

Bahan-Bahan Nastar:

  • Tepung Segitiga 275 gram.
  • Tepung Maizena 40 gram.
  • Butter Wijsman 150 gram
  • Margarin 75 gram.
  • Gula Halus 50 gram.
  • Kuning Telur 1 butir.
  • Susu Bubuk 40 gram.
  • Keju Parmesan parut/Parmesan powder 50 gram.

Bahan Selai Nanas:

  • Nanas ukuran sedang 1 buah, parut atau blender.
  • Gula pasir 250 gram.
  • Kayu manis 3 cm.

Cara Membuat Nastar Bentuk Apel Yang Unik, Renyah dan Gurih:

Membuat Selai:

  1. Masak nanas hingga air meresap
  2. Masukkan gula pasir, garam, cengkeh dan kayu manis aduk hingga kering, angkat.

Membuat Nastar Bentuk Apel:

  1. Mixer butter, margarin, gula sampai mengembang dan tercampur rata.
  2. Masukkan kuning telur, kocok rata.
  3. Masukkan tepung, susu, keju, aduk rata dengan spatula .
  4. Bentuk bulat, isi dengan selai nanas.
  5. Oles dengan egg wash.
  6. Panggang nastar dengan oven di suhu 150-160’C selama 30-35 menit atau sampai matang.

8. Resep Nastar Gulung Yang Enak Gurih dan Sederhana

Cara Membuat Nastar Gulung dan Gambarnya

Variasi Nastar gulung ini juga bisa anda buat dengan mudah dirumah. Semakin lengkap kue kering yang bisa Anda buat, akan semakin baik. Anda dapat memanfaatkan keahlian baking anda untuk memulai usaha dan bisnis dibidang kue dan makanan.

Bahan-Bahan Nastar Gulung:

  • Tepung terigu 250-275 gram.
  • Mentega 100 gram.
  • Margarine 100 gram.
  • Kuning telur 2 butir.
  • Gula halus 50 gram.
  • Susu bubuk 25 gram.
  • Selai nastar bulat-bulatkan sekitar 5 gram.

Bahan Olesan Nastar:

  • Kuning telur ayam 2 buah.

Cara Membuat Nasta Gulung Yang Mudah:

  1. Kocok mentega, margarine, gula dan telur hingga tercampur rata saja, ga usah sampai ngembang nanti nastar melebar
  2. Masukkan susu bubuk dan terigu ayak
  3. Aduk pake sendok kayu atau spatula
  4. Ambil adonan setengah dulu baru gilas tipis kurang dari 5 mm. Atasnya jangan lupa di alas baking paper agar ga nempel ke rolling pin.
  5. Buka baking paper baru dicetak pake rolling pin nastar. Potong2 sesuai kebutuhan. Letakkan selai lalu gulung. Agar lebih jelas lebih baik lihat tutorial. Hestek ada diatas tinggal klik aja nanti muncuk gambar dan pilih gambar tutorial.
  6. Panggang dengan suhu oven 130-140’C selama 15 menit, keluarkan.
  7. Olesi nastar dengan kuning telur, biarkan sebentar sekitar 5 menit. Boleh oles lagi, diamkan sebentar 5 menit baru masuk oven lagi sampai warna golden brown atau kuning saja dan mengkilap.

9. Resep Nastar Keju Bentuk Daun Yang Unik

Gambar Nastar Daun

Variasi bentuk nastar ini wajib di coba. Selain unik, resep nastar ini juga gurih dan renyah. Cocok untuk cemilan sehari-hari dirumah. Cara buat nastar daun ini cukup mudah dan sederhana, resepnya bisa anda ikuti seperti ini.

Bahan-Bahan Kulit Nastar Daun:

  • Butter 150 gram.
  • Margarin 100 gram.
  • Kuning telur 3 btr.
  • Gula bubuk 100 gram.
  • Susu Bubuk 40 gram.
  • Tepung kunci/segitiga 450 gram.
  • Keju Parut 100 gram (optional).

Bahan Olesan:

  • 2 buah kuning telur boleh dicampur dengan sedikit madu atau minyak atau cookie glazing (pengkilap tambahan).

Bahan Selai:

  • Nanas palembang 1 buah, kupas, parut atau blender.
  • Gula pasir 200 gram.
  • Kayu manis 2 batang.
  • Cengkeh 3 butir.

Cara Membuat Nastar Daun Unik Yang Enak, Gurih dan Renyah:

Membuat Selai:

  1. Masak nanas, kayu manis dan cengkeh hingga airnya menyusut dan adonan agak lengket, masukkan gula pasir. Aduk sampai airnya habis, adonan menjadi selai dan bisa dibentuk.

Membuat Nastar Bentuk Daun:

  1. Kocok butter, margarin, gula, telur secara bersamaan selama 2 menit
  2. Masukkan campuran tepung kunci, susu yang sudah diayak lalu aduk pake spatula hingga rata, disusul keju parut -kalau terlalu lembek boleh ditambah sampai enak dipulung.
  3. Ambil sejumput adonan, pipihkan isi dengan selai nanas. Bentuk meyerupaidaun dengan sendok garpu atau sejenisnya.
  4. Panggang 160 derajat selama 15 menit.
  5. Keluarkan dari oven tunggu suhu ruang lalu oles bahan polesan oven kembali sampai kecokelatan sesuai oven masing-masing.

10. Resep Nastar Keju Tanpa Oven Praktis dan Sederhana

Nastar Tanpa Oven

Kue nastar yang terakhir ini cukup sederhana, jika anda tidak memiliki oven dirumah ada alternatif lain untuk membuat kue nastar. Salah satunya adalah menggunakan alat berupa panci pengukus sebagai pengganti oven. Penasaran bagaimana cara membuat nastar keju tanpa oven? seperti ini resepnya.

Bahan-bahan:

  • Kuning telur 2 butir.
  • Gula halus 3 sendok makan.
  • Tepung terigu 200 gram.
  • Blue Band Cake and Cookie 150 gram.
  • Susu bubuk putih 27 gram.
  • Keju cheddar parut 2 sendok makan.
  • Ekstrak vanila 2 sendok teh atau 1/2 vanili bubuk.
  • Tepung maizena 2 sendok makan.
  • Selai nanas untuk isian 200 gram.

Bahan karamel untuk pelapis:

  • Gula merah sisir 50 gram.
  • Gula pasir 50 gram.
  • Air 75 ml.

Cara Membuat Nastar Keju Tanpa Oven Yang Enak, Gurih dan Renyah:

  1. Kocok kuning telur, Blue Band Cake and Cookie, dan gula halus hingga merata.
  2. Tambahkan tepung terigu, ekstrak vanilla, tepung maizena, susu bubuk, dan keju parut. Aduk dengan spatula hingga membentuk seperti adonan.
  3. Bentuk selai nanas menyerupai bola untuk isian.
  4. Pipihkan 1 sendok adonan nastar kemudian beri selai nanas. Bentuk bulat adonan menyerupai bola.
  5. Kemudian panaskan panci pengukus tanpa air di atas kompor. Jangan lupa oleskan Blue Band pada saringan panci.
  6. Masukkan bola-bola Nastar ke dalam panci pengukus. Masak Nastar selama 15 menit dengan api kompor kecil hingga matang dan berwarna agak kecoklatan. Angkat, dinginkan.
  7. Siapkan cairan karamel: panaskan gula pasir, gula merah, dan air di panci kecil, dengan suhu sedang. Jika sudah mendidih lalu kecilkan api hingga terbentuk cairan karamel. Matikan kompor.
  8. Oleskan karamel pada Nastar yang telah matang agar mengkilap.
  9. Diamkan sejenak hingga lapisan karamel mengering. Nastar siap disantap.

Nah, dari 10 resep kue nastar diatas mana yang paling anda suka? Semoga dengan adanya daftar varian resep kue nastar ini bisa buat menambah koleksi resep kue kering dirumah ya. Jangan lupa dipraktekan resepnya satu per satu.

Jangan takut mencoba, kalau sudah mahir bikin nastar kan bisa untuk dijual. Apa lagi pesanan saat hari raya idul fitri cukup meningkat, bisa jadi peluang bisnis kue kering yang menjanjikan tuh. Selamat mencoba!

10 Resep Cara Membuat Nastar Keju Istimewa Untuk Lebaran
5 (100%) 4 votes

Tinggalkan Komentar Dibawah