10 Jenis Ikan Laut Paling Enak Jika Diolah Menjadi Ikan Bakar

10 Jenis Ikan Laut Paling Enak Jika Diolah Menjadi Ikan Bakar

Jenis-jenis Ikan Laut yang Enak Dibakar

Ikan laut merupakan sumber protein yang sangat besar, dengan makan ikan kita bisa lebih sehat dan turut serta dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Namun tahukah anda, ternyata tingkat konsumsi ikan laut di Indonesia sangat rendah? Sebagai negara maritim yang jumlah lautnya lebih luas daripada daratanya, tentu hal seperti ini sangat disesalkan. Mengingat ikan laut merupakan bahan makanan hewani yang dapat mensuplai protein terbanyak yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak Indonesia.

Jenis-Jenis Ikan Laut

Ironis memang bila negara penghasil ikan terbesar ini justru hasil lautnya tak begitu diminati untuk disantap. Padahal, tak hanya memiliki segudang manfaat, ikan juga bisa diolah menjadi aneka masakan, seperti salah satunya di masak mendi menu bebakaran yang sangat nikmat dan lezat.

Penasaran apa saja jenis ikan yang paling enak untuk dijadikan ikan panggang? Yuk simak artikel selengkapya disini.

Daftar Jenis Ikan Laut Yang Enak Dibakar

1. Ikan Tuna

Ikan Tuna

Ikan tuna terkenal dengan warna dagingnya yang berbeda dengan ikan-ikan pada umumnya, daging tuna berwarna merah muda hingga berwarna merah tua. Daging ikan tuna ini biasa dikonsumsi mentah, atau jika ingin lebih lezat lagi bisa dibakar dengan bumbu rempah. Namun bagi orang Jepang, ikan tuna ini sering dijadikan sebagai sashimi, yaitu sajian berupa daging tuna mentah yang disantap dengan saus.

Baca Juga:  5 Jenis Buah-Buahan Yang Paling Dicari Saat Bulan Ramadhan

2. Ikan Kakap

Ikan Kakap Merah

Ikan kakap adalah salah satu jenis ikan laut yang cukup banyak diminati oleh masyarakat, ikan ini bisa dengan mudah didapatkan di pasar tradisional ataupun di Pasar swalayan seperti di Superindo.

Ada dua jenis ikan kakap yang bisa kita olah menjadi menu yang lezat, yaitu ikan kakap merah dan kakap putih. Ikan ini memiliki terkstur daging yang tebal dan sangat lembut. Selain bisa diolah menjadi olahan gulai kepala kakap, kakap juga lezat jika dibakar.

3. Ikan Cakalang

Ikan Cakalang

Jika dilihat sekilas, Ikan cakalang ini hampir mirip seperti ikan tongkol. Cakalang memiliki warna yang lebih terang dan bentukan badannya yang lebih gemuk dibanding ikan tongkol. Jenis olahan ikan cakalang paling enak yaitu digoreng kering, dan di bakar.

4. Ikan Ekor Kuning

Ikan Ekor Kuning

Ikan Ekor Kuning adalah jenis ikan laut yang memiliki ciri warna kuning di bagian ekornya, itu sebabnya ikan ini diberi nama ikan ekor kuning. Selain dikenal dengan sebutan ikan ekor kuning, ikan ini memiliki sebutan lain seperti yellow tail, ikan sunin, fusilier, suli, sulih, dan ikan suliri.

Jenis ikan ini mempunyai daging yang tebal dan lembut. Sangat enak jika digoreng kering, di gulai, dan juga dibakar.

5. Ikan Baronang

Ikan Baronang

Ikan baronang adalah salah satu jenis ikan laut yang banyak disukai karena memiliki daging yang empuk dan gurih jika dimasak dengan cara dibakar. Ciri-ciri ikan ini memiliki tubuh melebar dan memipih dengan sisik-sisik kecil di bagian tubuhnya.

Ikan baronang ini memiliki sebutan nama yang berbeda-beda satu sama lain sesuai spesiesnya. Seperti di Kepulauan Seribu masyarakat disana menamakanya ikan kea-kea, di Jawa Tengah dikenal dengan nama ikan biawas dan nelayan-nelayan di Pulau Maluku menamakan ikan ini dengan sebutan ikan samadar.

Baca Juga:  Daftar Harga Chatime Terbaru 2019 (Lengkap)

6. Ikan Kerapu

Ikan Kerapu

Ikan kerapu adalah spesies ikan laut yang termasuk dalam genus Epinephelinae. Jenis-jenis ikan ini banyak macamnya, seperti kerapu batik, sunuk, lumpur, kertang, macan, muara dan tikus. Ikan kerapu ini mempunyai tekstur daging yang tebal dan lembut dengan rasa yang manis. Jadi, paling enak jika dijadikan pindang atau diolah menjadi ikan bakar.

7. Ikan Belanak

Ikan Belanak

Ikan belanak memiliki ciri-ciri tubuh memanjang dan pipih. Secara fisik, ikan ini sekilas sangat mirip seperti ikan bandeng. Ikan belanak sangat lezat jika di bakar, walapun secara umum lebih familiar diolah dengan cara di goreng dan dimakan dengan sambal dabu-dabu. Ikan ini juga enak jika diolah menjadi tim, pepes kemangi, bumbu acar dan bumbu bali.

8. Ikan Tongkol

Ikan Tongkol

Ikan tongkol merupakan jenis ikan laut yang hidup secara bergerombol. Ciri-ciri Ikan tongkol berwarna sedikit gelap dan langsing, panjang ikan tongkol rata-rata sekitar 60 cm. Selain digoreng dan dimasak gulai, ikan tongkol juga enak jika dibakar dengan arang.

9. Ikan Kuwe

Gambar Ikan Kuwe

Ikan kuwe memiliki daging yang tebal. Meski tebal, tekstur dagingnya sangat lembut ketika digigit. Ikan kuwe paling enak jika dipanggang dan dibumbui dengan bumbu ikan bakar khas Makassar. Kemudian disantap dengan sambal yang pedas.

10. Ikan Ayam-ayam

Gambar Ikan Ayam-ayam

Ikan Ayam-ayam dikenal pula sebagai ikan etong, ikan jebong, atau ikan kambing-kambing. Ikan ini adalah jenis ikan laut komsumsi yang cukup populer diolah sebagai ikan bakar. Disebut ikan ayam-ayam karena rasa dagingnya hampir mirip seperti rasa daging ayam. Tampilan dari ikan ayam-ayam ini sangat unik, tubuhnya pipih besar namun memiliki mulut yang kecil dan bergigi tajam.

Demi ikut andil dalam kampanye gemar makan ikan yang digagas oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan, mari bagikan artikel ini agar bermanfaat untuk masyarakat luas.

Baca Juga:  25+ Contoh Desain Daftar Menu Cafe & Restoran Keren Terbaru 2019

Tinggalkan Komentar Dibawah